ANALISIS KUALITAS KOMPETENSI KOMUNIKATIF BAHASA ARAB PADA BUKU AJAR KURIKULUM 2013 KELAS X MADRASAH ALIYAH (ANALISIS BUKU DURUSUL AL-LUGHAH AL-ARABIYAH BERDASARKAN TEORI KOMUNIKATIF LITTLEWOOD)

DODY IRAWAN S PD I, NIM. 1420410031 (2016) ANALISIS KUALITAS KOMPETENSI KOMUNIKATIF BAHASA ARAB PADA BUKU AJAR KURIKULUM 2013 KELAS X MADRASAH ALIYAH (ANALISIS BUKU DURUSUL AL-LUGHAH AL-ARABIYAH BERDASARKAN TEORI KOMUNIKATIF LITTLEWOOD). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS KOMPETENSI KOMUNIKATIF BAHASA ARAB PADA BUKU AJAR KURIKULUM 2013 KELAS X MADRASAH ALIYAH (ANALISIS BUKU DURUSUL AL-LUGHAH AL-ARABIYAH BERDASARKAN TEORI KOMUNIKATIF LITTLEWOOD))
1420410031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS KOMPETENSI KOMUNIKATIF BAHASA ARAB PADA BUKU AJAR KURIKULUM 2013 KELAS X MADRASAH ALIYAH (ANALISIS BUKU DURUSUL AL-LUGHAH AL-ARABIYAH BERDASARKAN TEORI KOMUNIKATIF LITTLEWOOD))
1420410031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

DODY IRAWAN. Analisis Kualitas Kompetensi Komunikatif Bahasa Arab Pada Buku Ajar Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah (Analisis Buku Durusul al- Lughah al-ArabiyahBerdasarkan Teori Komunikatif Littlewood). Bahasa sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, karena bahasa merupakan alat untuk komunikasi dan media ekspresi diri. Sesungguhnya tujuan dari pada pembelajaran bahasa itu sendiri adalah agar para pembelajar dapat berkomunikasi dengan bahasa yang jelas dan benar, baik dalam perantara lisan maupun tulisan. Maka, setiap usaha untuk pembelajaran bahasa Arab harus sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Pada kesempatan ini, peneliti mengkaji, menelaah dan menganalisis kualitas kompetensi komunikatif bahasa Arab pada buku ajar yang digunakan sebagai bahan pembelajaran di Madrasah Aliyah kelas X dengan terlebih dahulu melihat unsur kelayakan buku sebagai objek penelitian berdasarkan standar nasional. Metode yang digunakan adalah library research, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Untuk menganalisa data yang diperoleh, digunakan metode deskriptif-analisis, selanjutnya data dapat diinterpretasikan atau ditafsirkan dengan tujuan menarik kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas buku ajar bahasa Arab siswa kurikulum 2013 kelas X Madrasah Aliyah sesuai dengan aturan Badan Standar Nasional Pendidikan yang merupakan instrumen penting dalam pembelajaran, namun masih ada beberapa instrumen di dalamnya masih kurang sesuai dengan standar unsur pokok. Sedangkan kualitas kompetensi komunikatif bahasa Arab pada buku ajar,memenuhi kriteria dengan menyajikan prosedur praktik yang sesuai dengan teori komunikatif bahasa yang ditawarkan oleh Littlewood. Kelebihan kompetensi komunikatif bahasa Arab pada buku ajar memuat praktik-praktik dan prosedur pembelajaran yang dapat membuka secara luas perspektif bahasa dan pengajarannya. Namun tidak bisa dipungkiri sebagai kekurangannya, belum sepenuhnya mencakup aktifitasaktifitas dari indikator prosedur praktik komunikatif yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, komunikatif, buku ajar.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 08:53
Last Modified: 04 Aug 2016 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21359

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum