MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO

M FARKHAN PAMUJI, SPDI, NIM. 1420410120 (2016) MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO)
1420410120_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO)
1420410120_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

M Farkhan Pamuji, Manajemen Public Relation Dalam Upaya Meningkatkan Minat Masyatakat Terhadap Lembaga Pendidikan di SMA Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Pendidikan adalah sarana yang paling tepat untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, karena dengan pendidikan ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan bisa didapatkan, dan diharapkan akan bisa membawa perubahan sumberdaya manusia kearah yang lebih maju. Melihat pentingnya peran pendidikan dalam masyarakat, dan persaingan antar lembaga pendidikan untuk mendapatkan minat masyarakat pada saat ini cukup tinggi, maka lembaga pendidikan harus mampu memahami apa yang sesungguhnya dibutuhkan oleh masyarakat sehingga keberadaan sebuah lembaga pendidikan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Manajemen sekolah harus mulai mengelola kegiatan public relation dengan lebih serius dan profesional. Hal ini karena public relation adalah sarana untuk menghubungkan masyarakat, siswa, guru dan karyawan dengan pimpinan lembaga pendidikan. Melihat pentingnya peran public relation maka dibutuhkan sebuah manajemen agar setiap kegiatan public relation di sekolah dapat mendukung keberhasilan tujuan sekolah dengan efektif dan efisien, inilah yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen public relation di SMA Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo (2) Bagaimana public relation dalam upaya meningkatkan minatmasyarakat terhadap lembaga pendidikan di SMA Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses pelaksanaan manajemen public relation di SMA Takhasus Al-Qur’an KalibeberWonosobo ini menggunakan fungsi-fungsi yang ada dalam manajemen, diantaranya adalah perencanaan, pengorganisaan, penggerakan, pengawasan dan penilaian, dari fungsi-fungsi manajemen tersebut dirasa mampu membuat kegiatan manajemen public relation di SMA Takhasus Al-Qur’an berjalan secara efektif dan efisien. SMA TakhasusAl-Qur’an KalibeberWonosobo juga menjalankan beberapa aspek yang seharusnya diterapkan pada kegiatan public relation di lembaga pendidikan seperti sekolah, dan dari semua aspek yang diterapkan dan dijalankan pada kegiatan public relation di SMA Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo telah mampu memberikan presepsi positive masyarakat terhadap sekolah, yang menumbuhkan minat masyarakat untuk mau bekerjasama dengan SMA Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo merealisasikan tujuan sekolah dalam upaya menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada saat ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Public Relation, SMA Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:12
Last Modified: 04 Aug 2016 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum