STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X IPA 2 MAN LAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

ALI HAFIDH, SPDI, NIM. 1420411005 (2016) STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X IPA 2 MAN LAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X IPA 2 MAN LAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1420411005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X IPA 2 MAN LAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1420411005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Ali Hafidh (1420411005) Strategi Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas X IPA 2 MAN Lab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pelaksanaan strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X IPA 2 MAN Lab UIN Sunan Kalijaga? 2) Apa saja faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X IPA 2 MAN Lab UIN Sunan Kalijaga? 3) Apa saja upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan pelaksanaan strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X IPA 2 MAN Lab UIN Sunan Kalijaga? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berbentuk studi kasus (case study). Sumber informasinya adalah Kepala Madrasah, tata usaha, guru kelas X IPA 2 dan peserta didik kelas X IPA 2. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan domumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, display data, triangulasi, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat beberapa jenis Strategi active learning yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X IPA 2 MAN Lab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diantaranya adalah ceramah, diskusi, benar atau salah (true or false), membaca keras (reading aloud), peninjauan ulang topik dan strategi-strategi active learning lainnya. 2) Faktor penghambat yang dihadapi guru adalah penggunaan fasilitas madrasah yang tidak maksimal berupa laboratorium bahasa untuk mengembangkan kemampuan istimā’, sedangkan hambatan yang dihadapi peserta didik adalah adanya pemahaman peserta didik tentang kurang pentingnya mempelajari bahasa Arab, pengaruh dari teman bahwa bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit, jam pelajaran bahasa Arab yang dijadwalkan pada waktu siang hari, peserta didik kurang menguasai mufradāt bahasa Arab, dan sebagian peserta didik kurang menguasai tata cara penulisan huruf bahasa Arab dengan benar. Faktor pendukung dari guru adalah guru sudah menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran bahasa Arab, sudah tersedianya media pembelajaran seperti multimedia, LCD, sound system dan laboratorium bahasa untuk mendukung pembelajaran bahasa Arab, sedangkan faktor pendukung bagi peserta didik adalah semua peserta didiknya muslim sehingga sudah banyak yang mengenal bahasa Arab melalui aktivitas yang dilakukan sehari-hari seperti dalam bacaan shalat dan doa-doa, sudah banyak diajarkan pelajaran agama yang didalamnya terdapat ayat-ayat al-Qur’ān dan al-Hadīst yang berbahasa Arab. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi saat pembelajaran bahasa Arab adalah guru memberikan pemahaman tentang pentingnya bahasa Arab, memberikan motivasi berupa permainan yang menarik kepada peserta didik, memaksimalkan penggunaan laboratorium bahasa, menempelkan mufradāt dilingkungan madrasah dan kelas, dan memberikan nilai tambah kepada peserta didik yang dapat menghafal mufradāt.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:34
Last Modified: 05 Aug 2016 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21427

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum