ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN DALAM BUKU DURȖSU ALLUGHAH AL-‘ARABIYYAH TERBITAN KEMENAG TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH

EMI ROSYIDATUL MUHADDIYAH, NIM. 1420411109 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN DALAM BUKU DURȖSU ALLUGHAH AL-‘ARABIYYAH TERBITAN KEMENAG TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN DALAM BUKU DURȖSU ALLUGHAH AL-‘ARABIYYAH TERBITAN KEMENAG TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH)
1420411109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUTIR SOAL LATIHAN DALAM BUKU DURȖSU ALLUGHAH AL-‘ARABIYYAH TERBITAN KEMENAG TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH)
1420411109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Emi Rosyidatul Muhaddiyah, "Analisis Butir Soal Latihan dalam Buku Durūsu Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Terbitan Kemenag Tingkat Madrasah Tsanawiyah". Tesis. Yogyakarta Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Butir soal latihan merupakan instrumen tes yang digunakan guru untuk melatih kemampuan belajar siswa. Selain itu, sering kali butir soal yang ada dalam buku juga digunakan untuk alat evaluasi hasil pembelajaran. Oleh karena itu, butir soal tersebut harus memenuhi kriteria butir soal yang baik, yakni mencakup unsur materi, konstruksi, dan bahasa. Penelitian ini adalah upaya untuk melihat kesesuaian antara butir soal latihan buku bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah dengan kriteria penyusunan butir soal yang baik. Buku ajar bahasa Arab yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah buku bahasa Arab kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 2013 terbitan Kemenag. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk butir soal latihan dalam buku bahasa Arab dan untuk mengetahui butir soal latihan dilihat dari validitas teoritis, kaidah penyusunan dan bahasa soal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library research (penelitian kepustakaan), yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk soal latihan yang ada dalam buku bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah terdapat bentuk soal pilihan ganda, uraian, jawaban singkat, menjodohkan dan bentuk soal benar salah. 2) Butir soal latihan dalam buku ajar bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah dilihat dari validitas teoritis terdapat kesesuaian dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian, sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkat kelas, serta perkembangan peserta didik. Akan tetapi, juga terdapat ketidaksesuaian antara butir soal dengan materi yang diujikan dan tujuan tes. 3) Butir soal latihan dalam buku ajar bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah dilihat dari kaidah penyusunan soal, pada kelas VII terdapat ketidaksesuaian antara butir soal dengan kaidah penyusunan soal, baik dalam soal bentuk pilihan ganda, uraian, jawaban singkat, menjodohkan maupun soal benar salah. Sedangkan pada kelas VIII, hanya terdapat ketidaksesuaian antara butir soal dengan kaidah penyusunan pada soal bentuk jawaban singkat dan menjodohkan. Adapun butir soal latihan dilihat dari kaidah bahasa soal, untuk kelas VII terdapat ketidaksesuaiana antara butir soal dengan kaidah bahasa soal. Ketidaksesuaian tersebut terdapat pada item: penggunaan bahasa yang belum benar, rumusan soal masih menimbulkan penafsiran ganda, susunan kalimat belum berupa jumlah mufīdah, dan masih terdapat tanda baca yang belum benar. Sedangkan pada kelas VIII terdapat ketidaksesuaian pada: penggunaan bahasa yang belum benar, susunan kalimat belum berupa jumlah mufīdah, dan masih terdapat tanda baca yang belum benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:10
Last Modified: 05 Aug 2016 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum