PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS V MI QURROTA A’YUN BLOTAN WEDOMARTANI (PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK)

RETNO HIDAYAH ASTUTI, SPD, NIM. 1420411110 (2016) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS V MI QURROTA A’YUN BLOTAN WEDOMARTANI (PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS V MI QURROTA A’YUN BLOTAN WEDOMARTANI (PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK))
1420411110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS V MI QURROTA A’YUN BLOTAN WEDOMARTANI (PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK))
1420411110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

RETNO HIDAYAH ASTUTI. Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengembangan Karakter Siswa Kelas V MI Qurrota A’yun Blotan Wedomartani (Perspektif Psikolinguistik). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam PBA Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap merosotnya karakter anak bangsa. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya pendidikan karakter di setiap jenjang pendidikan terlebih lagi di jenjang Madrasah Ibtidaiyah yang merupakan sekolah pertama pada usia cemerlang siswa dalam pembentukan karakter. Berangkat dari itu, terbitlah kurikulum 13 yang berbasis pendidikan karakter. Kurikulum 13 ini berusaha menerapkan pembelajaran yang mengacu pada pengembangan karakter siswa yang termasuk di dalamnya pembelajaran bahasa Arab. Sehingga komponen pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum 13 ini didesain untuk dapat mengembangkan karakter siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bagaimana guru mengimplementasikan pembelajaran bahasa Arab dan pengembangan karakter pespektif psikolinguistik. 2) Mengetahui nilai-nilai apa saja yang bisa diinternalisasikan di dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk field research bersifat kualitatif dan mengambil obyek penelitian di MI Qurrota A’yun Blotan Wedomartani Sleman. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru bahasa Arab dalam pengembangan karakter pada pembelajaran bahasa Arab melalui perencanaan pembelajaran, implementasi pengembangan karakter dalam pembelajaran dan evaluasi. Adapun nilai yang di kembangkan dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Qurrota A’yun diantaranya, Religious, jujur, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, kamunikatif, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sukamta, M.A
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Psikolinguistik dan Karakter
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:12
Last Modified: 05 Aug 2016 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21478

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum