IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI KELAS IVB SD NEGERI JETIS 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI

Agitya Dwi Pramastuti, NIM. 12480039 (2016) IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI KELAS IVB SD NEGERI JETIS 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI KELAS IVB SD NEGERI JETIS 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI)
12480039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI KELAS IVB SD NEGERI JETIS 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI)
12480039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak ditemukannya pelaksanaan pembelajaran yang masih kurang variatif, proses pembelajaran memiliki kecenderungan pada metode tertentu (konvensional), dan tidak memperhatikan tingkat pemahaman siswa terhadap informasi yang disampaikan. Siswa kurang aktif dalam proses belajar, siswa lebih banyak mendengar dan menulis. Maka dari itu pendekatan saintifik menawarkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dan dapat dikolaborasikan dengan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model discovery learning dalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas IVB SD Negeri Jetis 1 Saptosari Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian: implementasi model discovery learning dalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas IVB SD Negeri Jetis 1 Saptosari Gunungkidul, menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan langkah-langkah pembelajaran model discovery learning(a)stimulasi, guru menstimulasi peserta didik dengan memberikan sebuah gambar. (b) problem statement,guru memberikan gambar lalu peserta didik mengidentifikasi masalah yang terdapat dalam gambar tersebut. (c)data collection, peserta didik diberikan pengalaman mencari alternative pemecahan masalah. (d)data prosessing, melatih peserta didik mencoba dan mengeksplorasi kemampuannya. Dan yang terakhir (d)verification dan generalisasi, Peserta didik berdiskusi dan mengkomunikasikan hasil diskusinya di depan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Aug 2016 09:18
Last Modified: 12 Aug 2016 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21603

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum