KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nisfi Anisah, NIM. 12480070 (2016) KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12480070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12480070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Membaca merupakan sebuah keterampilan yang berkaitan erat dengan berbagai aspek pengetahuan, baik itu pengetahuan tentang ilmu sosial maupun sains. Bahkan membaca merupakan salah satu aspek ruang lingkup dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dalam standar isi Madrasah Ibtidaiyah yang menyatakan خ bahwa خ “Yang خ diharapkan خ pada خ akhir خ pendidikan خ di خ Madrasah خ Ibtidaiyah, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan خnonsastra”. خخ Akan خtetapi, خbagi خsebagian خsiswa خMIN خWonosari خmembaca خadalah خ suatu hal yang dianggap membosankan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) seberapa tinggikah minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (2) seberapa tinggikah prestasi belajar siwa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (3) adakah korelasi antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (2) mengetahui prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (3) mengetahui korelasi antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas V MIN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh dengan jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi. serta observasi dan wawancara untuk mendukung data sekunder. Uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan presentase 67,6%, (2) prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan presentase sebesar 64,9%. (3) terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan prestasi belajar sebesar rxy = 0,724 dan diperoleh persamaan regresi Y= 47,985 + 0,632 (X).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Minat Baca, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Aug 2016 12:09
Last Modified: 13 Aug 2016 12:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21617

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum