ANALISIS BUKU TEKS “BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII” (Tinjauan Psikologi Perkembangan Kognitif Remaja)

Kamidah, NIM. 12420015 (2016) ANALISIS BUKU TEKS “BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII” (Tinjauan Psikologi Perkembangan Kognitif Remaja). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU TEKS “BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII” (Tinjauan Psikologi Perkembangan Kognitif Remaja))
12420015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU TEKS “BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VII” (Tinjauan Psikologi Perkembangan Kognitif Remaja))
12420015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari fakta tentang beredarnya buku teks yang tidak sesuai dengan perkembangan kognitif peserta didik, bahwa penerbit atau penulis buku cenderung menulis buku berdasarkan anak sebagai rekaan orang tua bukan berdasarkan cara berpikir anak, keadaan demikian justru akan merugikan peserta didik yang seharusnya buku teks mampu menghadirkan pengetahuan yang membantu peserta didik dalam proses berpikir dan belajar secara mudah yang disesuaikan dengan perkembangan kognitifnya. Buku Teks Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Terbitan Toha Putra merupakan salah satu buku berbasis kurikulum 2013 yang banyak dipakai sebagai buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah, oleh karena itu peneliti tertarik menganalisis kesesuaian buku dari penyajian materi, bahasa, dan kegiatan evaluasi terhadap perkembangan kognitif remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) karakteristik penyajian materi berdasarkan kurikulum 2013, 2) kesesuaian penyajian penyajian materi dengan perkembangan kognitif remaja, 3) kesesuaian bahasa dengan perkembangan kognitif remaja, 4) kesesuaian kegiatan evaluasi dengan perkembangan kognitif remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. metode pengumpulan data dilakukan metode dokumentasi pada sumber data primer dan sukender, sedangkan teknis analisis data dilakukan dengan 1) Mengkategorikan data berdasarkan rumusan masalah, 2) Mengklasifikasikan data berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sesuai dengan rumusan masalah, 3) menarik kesimpulan menggunakan teknik analisis data yang diperkuat dengan membandingkan data dari sumber primer dan sekuder (teknik matrik perbandingan). Kriteria kesesuaian buku berdasarkan pada teori perkembangan kognitif yang diungkapkan oleh Jean Piaget, mengenai karakteristik perkembangan kognitif remaja pada tahap operasional formal (anak usia 11 tahun ke atas) dan karakteristik usia anak sekolah menengah pertama pada setiap tahap perkembangan kognitifnya. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) penyajian materi dalam buku bersifat komunikatif, 2) penyajian materi dalam buku sesuai dengan teori perkembangan kognitif remaja, 3) penggunaan bahasa dalam buku ini sesuai dengan kognitif remaja, namun memiliki kekurangan dari segi komunikasi, 4) kegiatan latihan dalam buku sesuai dengan teori perkembangan kognitif remaja. Keempat aspek tersebut menggambarkan bahwa buku teks bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah kelas VII terbitan Toha Putra sesuai dengan psikologi perkembangan kognitif remaja Kata kunci: Analisis Buku, Kelas VII, Perkembangan Kognitif Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Janan Asifudin, M.A
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku, Kelas VII, Perkembangan Kognitif Remaja
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:10
Last Modified: 28 Sep 2016 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum