PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN QIRAAH KELAS VII MTS NEGERI PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016

Desy Anisa Wikantari, NIM. 12420025 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN QIRAAH KELAS VII MTS NEGERI PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN QIRAAH KELAS VII MTS NEGERI PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016)
12420025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN QIRAAH KELAS VII MTS NEGERI PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016)
12420025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar dalam pembelajaran qira’ah bagi siswa MTs Negeri Piyungan. Disamping itu juga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku cerita bergambar berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan respon 28 siswa MTs Negeri Piyungan. Penelitian ini menggunakan model Research and Development yaitu penelitian pengembangan meliputi tahap identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Untuk mendapatkan penilaian kelayakan produk yang dihasilkan digunakan angket berisikan 17 daftar cek untuk ahli materi dan 10 daftar cek untuk ahli media. Sedangkan untuk respon siswa digunakan angket yang berisi 9 pernyataan yang diisi oleh 28 siswa MTs Negeri Piyungan. Hasil penelitian pengembangan ini berupa buku cerita bergambar. Berdasarkan hasil penilaian, menurut ahli materi buku cerita bergambar ini mendapatkan skor 68 dari skor maksimal 85 dan memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 80%. Hasil penilaian ahli media terhadap buku cerita bergambar ini mendapatkan skor 46 dari skor maksimal 50 dan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 92%. Sedangkan respon yang dihasilkan terhadap media buku cerita bergambar menurut 28 siswa mendapatkan skor 35 dari skor 45 dan memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 78,3%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar ini layak dan dapat dijadikan sebagai media dalam pembelajaran qira’ah untuk siswa MTs Negeri Piyungan. Kata kunci: penelitian pengembangan, qira’ah, media, buku cerita bergambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: R. Umi Baroroh, M.Ag
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, qira’ah, media, buku cerita bergambar.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Nov 2016 09:30
Last Modified: 30 Nov 2016 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21917

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum