Efektivitas Ekstrakurikuler Mumārasah dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas 1 Mumārasah Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Tahun Ajaran 2015/2016

Zulfa Amalia Wahidah, NIM : 12420029 (2016) Efektivitas Ekstrakurikuler Mumārasah dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas 1 Mumārasah Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Efektivitas Ekstrakurikuler Mumārasah dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas 1 Mumārasah Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Tahun Ajaran 2015/2016)
12420029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (Efektivitas Ekstrakurikuler Mumārasah dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas 1 Mumārasah Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Tahun Ajaran 2015/2016)
12420029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrakurikuler mumārasah dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Subjek penelitian ini yaitu, 29 siswi di kelas 1 mumārasah tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam rangka mengumpulkan data peneliti menggunakan instrumen angket, tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Efektifitas ekstrakurikuler mumārasah dapat diketahui dengan menggunakan angket dan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab diketahui dengan cara membandingkan nilai antara pretest dan posttest. Pengujian kualitas instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Adapun teknik analisis data menggunakan uji mann-whitney u melalui program SPSS 23. Hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Pelaksanaan ekstrakurikuler mumārasah berjalan kurang baik setiap pertemuannya, akan tetapi masih banyak siswa yang datang terlambat dan tidak hadir setiap minggunya. Materi pembelajaran mumārasah kelas 1-3 menggunakan buku panduan ‘Arabiyatul Linnasi’in jilid 1-4 namun diperbolehkan menggunakan buku panduan lainnya. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode langsung, metode group discussion dan metode role playing. 2) Efektivitas ekstrakurikuler mumārasah di kelas 1 mumārasah yang dianalisis dengan menggunakan instrumen angket berada pada kategori kurang efektif dengan persentase 37,9%. Adapun kemampuan keterampilan berbicara bahasa Arab setelah adanya treatment lebih tinggi daripada sebelum treatment dengan peningkatan yang cukup signifikan yaitu 3,388. Kata Kunci : Efektivitas, Ekstrakurikuler Mumārasah, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.Adzfar Ammar, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Ekstrakurikuler Mumārasah, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Sep 2016 09:32
Last Modified: 27 Sep 2016 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21930

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum