EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGUASAAN MUFRADᾹT SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PEDAN KLATEN

Suci Handayani, NIM. 12420057 (2016) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGUASAAN MUFRADᾹT SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PEDAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGUASAAN MUFRADᾹT SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PEDAN KLATEN)
12420057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGUASAAN MUFRADᾹT SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PEDAN KLATEN)
12420057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mufradᾱt dengan menggunakan media permainan ular tangga dan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar mufradᾱt dengan menggunakan media permainan ular tangga pada siswa kelas VIII MTs Negeri Pedan Klaten. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran mufradᾱt dimulai dengan guru membagi siswa dalam tujuh kelompok, setiap kelompok dibagikan mufradᾱt dan media permainan ular tangga kemudian siswa mengamati mufradᾱt dan memainkan permainan ular tangga. Dari mufradᾱt itu siswa berlatih membuat kalimat sederhana. Kegiatan tersebut berjalan baik dan lancar. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari perbedaan rata-rata nilai pre-test ke post-test pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pre-test sebesar 12,41 dan nilai - post-test sebesar 21,24 pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol ratarata nilai pre-test sebesar 12,26 dan nilai post-test sebesar 16,12. Dari sini bisa dilihat perubahan yang paling signifikan adalah perubahan nilai pre-test dan nilai post-test pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan media permainan ular tangga terbuktu efektif untuk meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Pedan Klaten. Kata Kunci : Media, Ular Tangga, Mufradᾱt

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media, Ular Tangga, Mufradᾱt
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2016 09:16
Last Modified: 01 Dec 2016 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21934

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum