PENGARUH PERMAINAN KARTU KWARTET ‘ARABIYYAH TERHADAP PENGUASAAN ALMUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN

Ratna Yunita, NIM. 12420078 (2016) PENGARUH PERMAINAN KARTU KWARTET ‘ARABIYYAH TERHADAP PENGUASAAN ALMUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERMAINAN KARTU KWARTET ‘ARABIYYAH TERHADAP PENGUASAAN ALMUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN)
12420078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERMAINAN KARTU KWARTET ‘ARABIYYAH TERHADAP PENGUASAAN ALMUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN)
12420078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berawal dari penguasaan al-Mufradāt siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak yang kurang, peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model design eksperimen kuasi (Quasi Experimental). Penelitian ini memiliki dua variabel, yang pertama variabel bebas yaitu media kartu kwartet ‘Arabiyyah dan tanpa media kartu kwartet ‘Arabiyyah , yang kedua variabel terikat yaitu penguasaan al-Mufradāt. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak Sleman. Kemudian dipilih sampel kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan pre test dan post test berupa dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan bantuan SPSS 16.00 yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media kartu kwartet ‘Arabiyyah lebih efektif daripada pembelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan media kartu kwartet ‘Arabiyyah penguasaan al-Mufradāt bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak Sleman. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama penggunaan kartu kwartet ‘Arabiyyah dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu dengan model belajar sambil bermain. Siswa bermain kartu kwartet dengan tanpa mereka sadari sambil menghapal al-Mufradāt. Kedua, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pretest ke postest pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pretest sebesar 4.7897 dan nilai postest sebesar 4.7343 pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol rata-ata nilai pretest sebesar 5.7916 dan nilai postest sebesar 6.6047. Dari sini bisa dilihat tidak ada perubahan yang signifikan dari nilai pretest ke postest pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan media kartu kwartet ‘Arabiyyah . Kata kunci : Eksperimen, Kartu Kwartet ‘Arabiyyah , Penguasaan Al-Mufradāt

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ja’far Shodiq, S.Pd.I., M.S.i.
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Kartu Kwartet ‘Arabiyyah , Penguasaan Al-Mufradāt
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2016 08:00
Last Modified: 02 Nov 2016 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum