STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHARAH QIRA'AH BAHASA ARAB SANTRI TAHFIDZ DAN NON TAHFIDZ DI KELAS ḤALAH 2 MADRASAH DINIYYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

QURROTU AINY, NIM. 12420090 (2016) STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHARAH QIRA'AH BAHASA ARAB SANTRI TAHFIDZ DAN NON TAHFIDZ DI KELAS ḤALAH 2 MADRASAH DINIYYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHARAH QIRA'AH BAHASA ARAB SANTRI TAHFIDZ DAN NON TAHFIDZ DI KELAS ḤALAH 2 MADRASAH DINIYYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12420090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHARAH QIRA'AH BAHASA ARAB SANTRI TAHFIDZ DAN NON TAHFIDZ DI KELAS ḤALAH 2 MADRASAH DINIYYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12420090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pada prestasi Mahārah Qirā’ah santri tahfidz dan santri nontahfidz di kelas Marḥalah 2 Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta dan faktor-faktor apa yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil obyek penelitian pada sebagian siswa kelas Marḥalah 2 Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri yang berjumlah 30. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan tes yang mencakup tes Maharah Qira‟ah. Analisis data yang digunakan adalah analisis Independent T Test (Uji T) yang kemudian dinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan pada Prestasi Mahārah Qirā’ah antara santri Tahfidz dan santri Non tahfidz di kelas Marḥalah 2 Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri Tahun Ajaran 2015/2016. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil nilai signifikansi sebesar 0,136, nilai tersebut lebih besar dari taraf nilai signifikansi sebesar 0,05. Selanjutnya dapat dilihat dari perolehan masing-masing mean kedua kelompok santri yaitu santri tahfidz sebesar 78,2 dan santri non tahfidz sebesar 82,9, hal ini menunjukkan bahwa rata-rata Mahārah Qirā’ah santri tahfidz lebih kecil dari santri non tahfidz dengan selisih -4,7. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi tersebut adalah (a) Latar belakang Pendidikan (b) Motivasi dan minat belajar (c) Sarana Prasarana (d) Lingkungan yang mendukung (e) reward. Kata kunci: Komparasi, Mahārah Qirā’ah, Santri Tahfidz dan Non tahfidz

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Mahārah Qirā’ah, Santri Tahfidz dan Non tahfidz
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2016 08:00
Last Modified: 02 Nov 2016 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21943

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum