PENGARUH MENGAKSES MEDIA CHATTING TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

AYU LESTARI NURHADIATI, NIM. 12210068 (2016) PENGARUH MENGAKSES MEDIA CHATTING TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENGAKSES MEDIA CHATTING TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12210068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENGAKSES MEDIA CHATTING TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12210068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi dikalangan anak muda yang mengakses media chatting, salah satunya yaitu mahasiswa. Mengakses media chatting memiliki pengaruh positif dan negatif bagi penggunanya. Dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui tingkat komunikasi interpersonal mahasiswa, tingkat mahasiswa dalam mengakses media chatting, dan mengetahui ada atau tidak pengaruh mengakses media chatting terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Landasan teori yang digunakan yaitu teori Penetrasi Sosial dan konsep Cyber Media. Indikator mengakses media chatting terdiri dari frekuensi, durasi, dan atensi. Sedangkan indikator komunikasi interpersonal terdiri dari keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Alat ukur yang digunakan yaitu skala Likert yang sudah dimodifikasi. Validitas menggunakan validitas konstruk, reliabilitas menggunakan tehnik belah dua. Tehnik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Sampel ditentukan dengan rumus slovin yaitu 86 sampel dengan tehnik random sampling. Analisis data menggunakan spearman’s rank melalui Statistical Package For Social Science (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan, tingkat mahasiswa mengakses media chatting tergolong sedang, sebesar 67,4% dari segi frekunsi, durasi, dan atensi. Untuk tingkat komunikasi interpersonal tergolong sedang, sebesar 68,6% dari segi keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Hasil tersebut diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,164. Kekuatan korelasi antar dua variabel tergolong sangat rendah yaitu 0,164. Nilai rho hitung 0,164 rho tabel 0,179 maka tidak terdapat hubungan yang signifikan dari kedua variabel, artinya hipotesis nihil diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh mengakses media chatting terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohammad Zamroni, S,Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Mengakses Media Chatting, Komunikasi Interpersonal
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Sep 2016 15:25
Last Modified: 24 Nov 2016 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22122

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum