MANAJEMEN PENGEMBANGAN PELAKSANA INPUT DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK) DI TK PERTIWI GONDANGAN JOGONALAN KLATEN JAWA TENGAH

TRI RAHAYU WARDANI, NIM. 12490106 (2016) MANAJEMEN PENGEMBANGAN PELAKSANA INPUT DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK) DI TK PERTIWI GONDANGAN JOGONALAN KLATEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN PELAKSANA INPUT DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK) DI TK PERTIWI GONDANGAN JOGONALAN KLATEN JAWA TENGAH)
12490106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN PELAKSANA INPUT DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK) DI TK PERTIWI GONDANGAN JOGONALAN KLATEN JAWA TENGAH)
12490106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari minimnya penerapan Manajemen pengembangan SDM di suatu lembaga. Padahal Manajemen Pengembangan SDM dalam sangat penting dalam Meningkatkan Profesionalisme dan kemampuan yang sangat mempengaruhi tenaga pendidikan. Oleh karena itu, peneliti mengambil objek penelitian tentang pengembangan dan pelatihan terhadap Pelaksana Input data Pokok Pendidikan (Dapodik) di TK Pertiwi Gondangan Jogonalan Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang pada Pengemb angan Pelaksana Input Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di TK Pertiwi Gondangan Jogonalan Klaten Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan atau validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, data yang telah diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi akan dianalisis. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan sampai pada tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen Pelaksana Input Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di TK Pertiwi Gondangan Jogonalan Klaten Jawa Tengah, dalam hal ini pengembangan yang baik berupa pendidikan atau pelatihan yang nantinya berorientasi pada peningkatan kemampuan dan kompetensi teknik. Langkah pengembangan manajemen SDM adalah perencanaan, pembinaan, pengembangan/pelatihan, pelaksanaan. 2) Hasil Manajemen Pengembangan Pelaksana Input Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di TK Pertiwi Gondangan Jogonalan Klaten Jawa Tengah mengalami peningkatan, diantaranya adalah tahu cara menginstal aplikasi dapodik, paham cara input data yang benar, menambah wawasan dan pengetahuan tentang input data pokok pendidikan, meningkatkan kompetensi teknik, meningkatkan profesionalisme tenaga pendidikan. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat dari Manajemen Pengembangan Pelaksana Input Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di TK Pertiwi Gondangan Jogonalan Klaten Jawa Tengah, faktor pendukungnya adalah adanya rasa tanggungjawab, semangatyang tinggi, rasa ingin tahu, ada forum tanya jawab, ada dana untuk pembelian sarana, operator mampu mengoperasikan komputer dengan baik. Faktor penghambatnya adalah adanya perubahan aplikasi dapodik persemester, tidak semua lembaga memiliki laptop dan modem, ada operator yang lamban dalam input data, ada operator yang belum memiliki akun

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM, Pengembangan, Pelatihan, Profesionalisme
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Oct 2016 11:31
Last Modified: 18 Oct 2016 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum