PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

MUHAMMAD KURNIAWAN, SHUM, NIM. 1220410243 (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
1220410243_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
1220410243_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Kurniawan, Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Tesis. Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing: Dr. Radjasa Mu’tasim., M.Si. Bahasa Arab adalah salah satu keterampilan dalam berbahasa asing yang khususnya dalam hal ini adalah bahasa Arab. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) ini belum sepenuhnya memenuhi harapan, sebagaimana target yang diharapkan dalam mempelajari bahasa Arab yaitu penguasaan empat maharah (keterampilan) yaitu istima’ (mendengar), kalam (berbicara), qira’ah (membaca), dan kitabah (menulis). Persoalannya dalam setiap pembelajaran sebagian mahasiswa ada yang tidak memperhatikan pelajaran karena mereka menganggap bahwa bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit, maka dari itu sebagian mahasiswa ada yang tidak berminat untuk mempelajari bahasa Arab. Sehingga dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab jilid satu dalam teori konstruktivisme yang mana peran aktif peserta didik dan interaksi dengan lingkungan lebih diutamakan dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian lapanagan (field research) yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan desain penelitian studi kasus pada proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta yang terjadi pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah melalui obsevasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis data dan disimpulkan sebagai hasil penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan beberapa hal yaitu Berdasarkan hasil penelitian tentang pembelajaran bahasa Arab berdasarkan teori konstruktivisme pada proses pembelajaran bahasa Arab, dikelas bahasa Arab satu, dosen menggunakan model pembelajaran Assisted learning, diawali dengan bimbingan dan bantuan (scaffolding) berupa bantuan kosa kata melalui media gambar dengan bantuan laptop. Dan dalam pembelajaran ini menggunakan startegi pembelajaran cooperative learning yang melibatkan peran aktif siswa. Strategi cooperative learning ini merupakan bagian dari pembelajaran konstruktivisme yang mencakup aspek interaksi social dan pemagangan kognitif antara peserta didik (mahasiswa) ketika belajar secara berkelompok atau diskusi kelompok. Pembelajaran bahasa Arab satu ini dosen juga menggunakan model pembelajaran discovery learning, yakni meminta kepada mahasiswa unutk membaca materi teks yang ada di dalam buku bahasa Arab jilid satu, kemudian mencari kosa kata yang dianggap sulit, dalam bentuk berkelompok atau mandiri. Dari model pembelajaran konstruktivisme ini mahasiswa diminta untuk memahami teks materi bisa dari teman yang lebih ahli (paham) atau disebut dengan pemagangan kognitif. Adapun teknik yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab jilid satu ini yakni dengan teknik atau strategi cooperative learning. yang mana setiap mahasiswa terlibat dalam pembelajaran dan berperan aktif dalam kelompoknya pada pembelajaran bahasa Arab. Dengan kemampuan yang mereka miliki mereka dapat bertukar pengetahuan dan membantu temannya yang belum menguasai materi tersebut, dalam perspektif konstruktivisme ini disebut dengan pemagangan kognitif. Proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab jilid satu ini mengandung aspek konstruktivisme dengan adanya unsur interaksi social, sscaffolding, pemagangan kognitif dalam proses pembelajaran baik dengan dosen (pendidik) maupun teman (mahasiswa / peserta didik).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Noorhaidi, M.A., M.Phil., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab, Konstruktivisme, Model Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Nov 2016 09:13
Last Modified: 02 Nov 2016 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum