PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KOMUNITAS SAMIN DI SD N 1 KLOPODUWUR BANJAREJO BLORA

Armiya Nur Lailatul’ Izzah, NIM: 1420420029 (2016) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KOMUNITAS SAMIN DI SD N 1 KLOPODUWUR BANJAREJO BLORA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KOMUNITAS SAMIN DI SD N 1 KLOPODUWUR BANJAREJO BLORA)
1420420029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KOMUNITAS SAMIN DI SD N 1 KLOPODUWUR BANJAREJO BLORA)
1420420029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto yang menggunakan analisis regresi linier ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa komunitas samin di SD N 1 Klopoduwur berjumlah 25 beserta orang tua siswa tersebut berjumlah 25 orang. Adapun alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner/angket yang terdiri atas 24 butir pernyataan untuk variabel pola asuh orang tua (X1), 20 butir pernyataan untuk variabel lingkungan sosial budaya (X2) dan 24 butir pernyataan untuk variabel motivasi berprestasi (Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui besarnya pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi berpretasi siswa komunitas samin di SD N 1 Klopoduwur Banjarejo Blora, 2) mengetahui besarnya pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap motivasi berprestasi siswa komunitas samin di SD N 1 Klopoduwur Banjarejo Blora, 3) mengetahui besarnya pengaruh pola suh orang tua dan lingkungan sosial budaya secara bersamasama terhadap motivasi berprestasi siswa komunitas samin di SD N 1 Klopoduwur Banjarejo Blora. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap motivasi berprestasi siswa komunitas samin di SD N 1 Klopoduwur Banjero Blora, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,736 dan sumbangan efektif sebesar 46,3%, 2) lingkungan sosial budaya berpengaruh positif terhadap motivasi berprestasi siswa komunitas samin di SD N 1 Klopoduwur Banjero Blora, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,727 dan sumbangan efektif sebesar 45,7%, 3) pola asuh orang tua dan lingkungan sosial budaya secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa komunitas samin di SD N 1 Klopoduwur Banjero Blora, dibuktikan pada hasil perhitungan analisis. Hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan analisis diperoleh pengaruh sebesar 0.552, artinya pola asuh orang tua dan lingkungan sosial budaya secara simultan memberikan kontribusi terhadap motivasi berprestasi siswa sebesar 55,2%, sedangkan sisanya 44,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sosial Budaya, Motivasi Berprestasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sosial Budaya, Motivasi Berprestasi.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2016 11:40
Last Modified: 29 Nov 2016 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum