PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

NASIKIN, NIM. 1320420016 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
1320420016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
1320420016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingnya motivasi belajar siswa. Motivasi siswa kelas 1 sangat dibutuhkan karena sebagai awal siswa untuk sekolah, selain itu juga karena akan menjadi dasar bagi siswa untuk merasa nyaman dan terbangun kemandirian untuk belajar dari dalam diri anak itu sendiri sehingga anak akan mampu melewati setiap proses di tahapan-tahapan pembelajaran selanjutnya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Pengumpulan data dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana yang berupa angka yang diperoleh dari hasil angket motivasi belajar siswa yang sudah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan metode saintifik untuk membantu dalam mengugkap data. Hasil penelitian menunjukan: (1) Penerapan pembelajaran saintifik di kelas 1 SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta dilakukan dengan cara diawali pembuatan RPP yang dalam kegiatan pembelajarannya meliputi: mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. (2) Berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa dengan metode pembelajaran saintifik siswa mempunyai motivasi yang tinggi. (3) Pengaruh pembelajaran saintifik kelas 1 SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta terhadap motivasi belajar siswa sangat tinggi, hal ini dibuktikan dengan hasil dari analisis data yang didapatkan bahwa motivasi belajar siswa kelas 1 SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta dengan metode pembelajaran saintifik adalah mempunyai motivasi yang tinggi yakni dengan hasil rata-rata 88%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran saintifik, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Nov 2016 09:01
Last Modified: 28 Nov 2016 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22714

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum