PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PARTISIPASI SISWA DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS IVA DAN IVB)

NADIYAH, NIM. 1420420001 (2016) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PARTISIPASI SISWA DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS IVA DAN IVB). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PARTISIPASI SISWA DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS IVA DAN IVB))
1420420001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PARTISIPASI SISWA DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS IVA DAN IVB))
1420420001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Multimedia adalah teknologi baru yang dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran dapat mempelajari dan memahami materi yang dijelaskan oleh guru dengan mudah dan menyenangkan karena sesuai dengan minat, bakat, keperluan serta emosi dari dalam diri siswa. Hal ini dibuktikan bahwa 75% dari pembelajaran dan pembentukan kompetensi dikatakan berhasil dan berkualitas apabila siswa terlibat secara aktif baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran. MI Sultan Agung Yogyakarta merupakan madrasah yang ingin diketahui pengaruhnya dalam pemanfaatan multimedia terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran al-Qur‟an Hadis. Untuk mengetahui partisipasi dan hasil belajar siswa sebelum penelitian pada pembelajaran al-Qur‟an Hadis, dapat dilihat pada nilai rata-rata angket yang diberikan kepada siswa yaitu 76,21, dan nilai rata-rata rapot siswa pada semester ganjil tahun 2015/2016 yaitu 79,84. Berdasarkan dari nilai rata-rata yang diperoleh, maka penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu yaitu penelitian yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Sampel yang diambil adalah kelas IVa sebagai kelompok kontrol dan IVb sebagai kelompok eksperimen yang jumlah seluruhnya adalah 63 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes tertulis, angket dan dokumentasi, sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini diuji terlebih dahulu kevalidannya dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas, serta uji tingkat kesulitan dan daya bedanya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terhadap partisipasi siswa dan hasil belajar al-Qur‟an Hadis. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kedua kelompok sebelum adanya treatment yaitu 41,77 dan 41,97 untuk nilai partisipasi, serta 38,87 dan 42,66 untuk nilai hasil belajar. Jika dikaitkan dengan pemanfaatan multimedia pada pembelajaran al-Qur‟an Hadis di kelompok eksperimen, bahwa diperoleh hasil yaitu pemanfaatan multimedia berpengaruh terhadap partisipasi siswa dengan nilai T sebesar 3,178 serta nilai signifikan sebesar 0,002, dan pemanfaatan multimedia sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai T sebesar 4,654 serta nilai signifikan sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pemanfaatan Multimedia, Partisipasi Siswa, Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Nov 2016 09:31
Last Modified: 28 Nov 2016 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22718

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum