PENGEMBANGAN SILABUS AL-QUR’AN HADIS MI DI PROGRAM STUDI PGMI (STUDI KASUS DI PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN IAIN ANTASARI BANJARMASIN)

MUHAMMAD HUSNI, STHI, NIM. 1420420027 (2016) PENGEMBANGAN SILABUS AL-QUR’AN HADIS MI DI PROGRAM STUDI PGMI (STUDI KASUS DI PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN IAIN ANTASARI BANJARMASIN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SILABUS AL-QUR’AN HADIS MI DI PROGRAM STUDI PGMI (STUDI KASUS DI PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN IAIN ANTASARI BANJARMASIN))
1420420027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SILABUS AL-QUR’AN HADIS MI DI PROGRAM STUDI PGMI (STUDI KASUS DI PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN IAIN ANTASARI BANJARMASIN))
1420420027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam waktu dekat ini, kebijakan perubahan kurikulum pada jenjang MI dilakukan sangat singkat, yakni pada tahun 2013 dari KTSP dikembangkan menjadi Kurikulum 2013, namun pada akhir tahun 2014 Kurikulum 2013 dibenhentikan sementara dan dikembalikan kepada KTSP. Hal ini tentu akan berakibat pada sistem kurikulum yang ada pada Perguruan Tinggi khususnya program studi bidang pendidikan, karena prodi bidang pendidikan merupakan lembaga yang membekali calon pendidik dimasa mendatang, terlebih lagi program studi PGMI secara spesifik, karena prodi PGMI lebih dikhususkan pada calon pendidik untuk jenjang MI. Dalam kerangka inilah penelitian ini diarahkan untuk mengetahui bagaimana pengembangan kurikulum al-Qur‟an Hadis MI yang ada di Program Studi PGMI dengan mengambil lokasi penelitian di Program Studi PGMI UIN Sunan Kalijaga dan Program Studi PGMI IAIN Antasari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan alasan agar memberikan rincian yang kompleks tentang fenomena yang tidak dapat diungkapkan dengan metode kualitatif dan untuk mendapatkan hasil yang mantab melalui wawancara yang mendalam, observasi dan dukumentasi. Sedangkan jenis penelian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel atau penentuan sumber data menggunakan purposive sampling dengan ketentuan pengambil keputusan dan pelaksana kebijakan. Analisis data dilakukan terus menerus, sehingga mencakup data reduction, data, dan drawing/verification. Temuan penelitian ini adalah: Program studi PGMI UIN Sunan Kalijaga tidak melakukan pengembangan silabus al-Qur‟an Hadis MI dalam menanggapi perubahan kurikulum yang ada pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah, karena materi yang diberikan sudah bersifat umum, mendasar dan global. Hanya saja pengembangan kurikulum yang dilakukan berdasarkan ketentuan kurikulum Perguruan Tinggi yang saat ini menggunakan ketentuan KKNI dan SNPT. Sebaliknya Program studi PGMI IAIN Antasari dalam menanggapi perubahan kurikulum pada jenjang madrasah ibtidaiyah melakukan pengembangan silabus al-Qur‟an Hadis MI guna mengikuti perubahan tersebut. Pengembangan yang dilakukan lebih ditekankan pada materi yang ada pada jenjang madrasah ibtidaiyah tersebut, namun pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh program studi PGMI IAIN Antasari masih belum sepenuhnya berpedoman pada ketentuan KKNI atau SNPT, tetapi dalam proses penyempurnaan agar sesuai dengan ketentuan KKNI dan SNPT.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Abdul Rahman Assegaf. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Silabus al-Qur’an Hadis, Prodi PGMI
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 29 Nov 2016 13:42
Last Modified: 29 Nov 2016 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum