ANALISIS BUKU AJAR “TERNYATA BAHASA ARAB ITU GAMPANG” KARYA H. MUHTADI KADI, LC. DAN H. UMAR FATHULLAH, LC YANG DI GUNAKAN DI KELAS X SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID MAGELANG

AMALIA SYAHIDA, NIM.12420115 (2016) ANALISIS BUKU AJAR “TERNYATA BAHASA ARAB ITU GAMPANG” KARYA H. MUHTADI KADI, LC. DAN H. UMAR FATHULLAH, LC YANG DI GUNAKAN DI KELAS X SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU AJAR “TERNYATA BAHASA ARAB ITU GAMPANG” KARYA H. MUHTADI KADI, LC. DAN H. UMAR FATHULLAH, LC YANG DI GUNAKAN DI KELAS X SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID MAGELANG)
12420115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AMALIA SYAHIDA 12420115)
12420115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Amalia Syahida, Analisis Buku Ajar “Ternyata Bahasa Arab Itu Gampang” karya H. Muhtadi Kadi, Lc. dan Umar Fadhlullah, Lc. untuk kelas X SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Materi pelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang penting. Penyusunan buku ajar yang tidak sesuai dengan aspek-aspek buku teks yang baik bisa merugikan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku ajar bahasa Arab sebagai bahan pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari teori Greene dan Petty, teori penyusunan buku ajar bagi non-Arab menurut Ali Muhammad Al- simiy, dan teori penyusunan buku ajar menurut William Francis Mackey. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research). Oleh karena itu penulis menganalisis data menggunakan analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menurut teori Greene dan Petty buku ini belum memenuhi kualitas buku yang baik dari segi penyediaan ketrampilan ekspresional dan penyajian sarana pengajaran. Dalam teori penyusunan buku ajar menurut Ali Muhammad Al- simiy, buku ini hanya memenuhi materi dasar. Menurut konsep William Francis Mackey buku ini telah memenuhi kriteria seleksi yang baik dari segi seleksi kosa kata. Gradasi yang baik yakni materi disajikan dari kaidah yang sederhana ke kaidah yang sul it. Presentasi yang baik dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar , materi disajikan dengan media pendukung berupa bagan, dan repetisi yang kurang baik. Penulis berpendapat bahwa buku ini belum layak digunakan sebagai buku bahan ajar yang baik, meskipun demikian buku ini layak digunakan sebagai buku gramatika bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Syamsuddin Asrofi M.M
Uncontrolled Keywords: Analisis, buku ajar, materi.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Dec 2016 11:00
Last Modified: 09 Dec 2016 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22834

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum