KECENDERUNGAN PERILAKU CYBERBULLYING DITINJAU DARI TRAITS DALAM PENDEKATAN BIGFIVE PERSONALITY PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA

AGENG LARASATI, NIM. 12710025 (2016) KECENDERUNGAN PERILAKU CYBERBULLYING DITINJAU DARI TRAITS DALAM PENDEKATAN BIGFIVE PERSONALITY PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KECENDERUNGAN PERILAKU CYBERBULLYING DITINJAU DARI TRAITS DALAM PENDEKATAN BIGFIVE PERSONALITY PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA)
12710025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KECENDERUNGAN PERILAKU CYBERBULLYING DITINJAU DARI TRAITS DALAM PENDEKATAN BIGFIVE PERSONALITY PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA)
12710025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara traits dalam bigfive personality dengan kecenderungan perilaku cyberbullying. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 81 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala pengukuran kecenderungan perilaku cyberbullying yang terdiri dari 46 aitem dan skala bigfive personality terdiri dari 18 aitem. Teknik analisis data yang dgunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara traits dalam bigfive personality dengan kecenderungan perilaku cyberbullying. Hasil analisis memperoleh koefisien sebesar R = 0,575 dengan nilai p = 0,000 (p0,05). Traits kepribadian yang memiliki hubungan yang signifikan dengan kecenderungan perilaku cyberbullying adalah traits kepribadian agreeableness memperoleh koefisien korelasi R = -0,331 dengan nilai p = 0,010 (p0,05) dan traits kepribadian conscientiousness memperoleh koefisien korelasi R = -0,315 dengan nilai p = 0,004 (p0,05), sedangkan traits kepribadian extraversion, neuroticism, dan opennes tidak menunjukkan adanya hubungan dengan kecenderungan perilaku cyberbullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Maya Fitria, S.Psi, M.A.,Psikolog
Uncontrolled Keywords: Cyberbullying, Traits dalam Kepribadian Bigfive, Siswa Sekolah Menengah Atas
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Dec 2016 11:28
Last Modified: 19 Dec 2016 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22970

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum