MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI TK KHALIFAH GEDONG KUNING (PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT)

MISHBAHUL MUNIR, NIM. 1420410217 (2016) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI TK KHALIFAH GEDONG KUNING (PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI TK KHALIFAH GEDONG KUNING (PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT))
1420410217_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI TK KHALIFAH GEDONG KUNING (PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT))
1420410217_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan penulis menemukan keunikan dalam kurikulum TK Khalifah. TK Khalifah merupakan lembaga PAUD yang mengusung nilai-nilai kewirausahaan dalam kurikulumnya. Hal ini merupakan suatu terobosan positif yang tidak banyak dimiliki oleh lembaga PAUD lain, khususnya di Yogyakarta. TK Khalifah Gedong Kuning sendiri adalah cabang pertama dari TK Khalifah di Yogyakarta dengan jumlah murid paling banyak di antara cabang TK Khalifah lain. Penelitian ini menganalisis implementasi kurikulum berbasis kewirausahaan di TK Khalifah Gedong Kuning menggunakan perspektif Total Quality Management (TQM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum berbasis kewirausahaan di TK Khalifah Gedong Kuning dan manajemen kurikulum berbasis kewirausahaan di TK Khalifah Gedong Kuning dalam perspektif Total Quality Management. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik yaitu menggambarkan sumber data yang diperoleh melalui analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dan dideskripsikan sehingga dapat lebih mudah dipahami serta dapat ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi yaitu menguji validitas data melalui pengecekan data, baik satu jenis data atau berbeda jenis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen kurikulum berbasis kewirausahaan di TK Khalifah Gedong Kuning telah memenuhi fungsi-fungsi manajemen kurikulum dengan baik, mulai dari fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam implementasinya, manajemen kurikulum berbasis kewirausahaan di TK Khalifah Gedong Kuning memiliki beberapa kesesuaian dengan prinsip-prinsip utama dari TQM. Yaitu dalam prinsip komitmen terhadap mutu, TK Khalifah Gedong Kuning memiliki kejelian dalam mendefinisikan mutu yang diinginkan pelanggan. Dalam prinsip continuous improvement, TK Khalifah Gedong Kuning telah memiliki sistem evaluasi yang bagus. Dalam prinsip komitmen terhadap pelanggan, TK Khalifah Gedong Kuning telah memiliki beberapa strategi dan kegiatan yang meningkatkan partisipasi pelanggan dalam kegiatan pendidikan. Namun demikian, implementasi manajemen kurikulum berbasis kewirausahaan di TK Khalifah Gedong Kuning tidak sepenuhnya relevan dengan TQM. Manajemen mutu yang digunakan di TK Khalifah Gedong Kuning masih sebatas tahap kontrol mutu, belum sampai pada jaminan mutu. Selain itu, sistem franchise yang diterapkan oleh manajemen TK Khalifah juga menyebabkan motivasi SDM yang ada di setiap unit untuk terus melakukan continuous improvement pada pribadi masing-masing menjadi berkurang, karena banyak bergantung pada divisi research and development dari manajemen pusat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Mahmud Arif, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kewirausahaan, Total Quality Management
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:31
Last Modified: 20 Dec 2016 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum