PROTOKOL PERJANJIAN KUNCI BERDASARKAN MASALAH KONJUGASI PADA GRUP UNIT ATAS RING NON-KOMUTATIF

LAILA MARTHATILOVA, NIM. 12610004 (2016) PROTOKOL PERJANJIAN KUNCI BERDASARKAN MASALAH KONJUGASI PADA GRUP UNIT ATAS RING NON-KOMUTATIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROTOKOL PERJANJIAN KUNCI BERDASARKAN MASALAH KONJUGASI PADA GRUP UNIT ATAS RING NON-KOMUTATIF)
12610004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROTOKOL PERJANJIAN KUNCI BERDASARKAN MASALAH KONJUGASI PADA GRUP UNIT ATAS RING NON-KOMUTATIF)
12610004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Internet termasuk jalur komunikasi umum yang dapat dilalui oleh siapapun, sehingga sangat rawan terhadap penyadapan. Penyadapan tentu saja merugikan bagi pihak yang ingin mengirim pesan rahasia. Kriptografi adalah salah satu cara menjaga pesan rahasia, yaitu dengan proses enkripsi dan dekripsi. Kedua proses tersebut memerlukan kunci rahasia yang disepakati bersama. Namun akan terjadi masalah jika kunci rahasia ditukarkan pada jalur komunikasi yang tidak aman, sehingga diperlukan skema pengamanan kunci rahasia yaitu protokol perjanjian kunci. Tugas akhir ini membahas protokol perjanjian kunci ring non-komutatif yang terdiri dari endomorfisma-endomorfisma grup Diberikan ring sebagai matriks representasi dari ring dan dibentuk grup unit atas ring yaitu Ring isomorfis dengan ring x ), sehingga dapat disebut sebagai grup unit atas ring . Keamanan protokol perjanjian kunci ini diletakkan pada masalah konjugasi. Kunci rahasia yang diperoleh digunakan dalam proses enkripsi-dekripsi menggunakan algoritma kriptografi simetris, yaitu kombinasi playfair cipher dan Hill cipher. Perhitungan dalam pembuatan kunci rahasia maupun perhitungan dalam proses enkripsi-dekripsi pada grup unit atas ring x ) diuji coba menggunakan program MAPLE 18. Progam ini dirancang untuk menyelesaikan berbagai masalah matematika, sehingga perhitungan-perhitungan tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Khurul Wardati, M.Si dan M. Zaki Riyanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: kriptografi, protokol perjanjian kunci, ring non-komutatif, ring endomorfisma, endomorfisma grup, grup unit.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Dec 2016 14:07
Last Modified: 21 Dec 2016 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum