STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM ORGANISASI PERSATUAN MAHASISWA ISLAM PATANI SELATAN THAILAND DI INDONESIA (PMIPTI) DI GOWOK DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

MR ABDULFATAH WAESALAE, NIM. 12490065 (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM ORGANISASI PERSATUAN MAHASISWA ISLAM PATANI SELATAN THAILAND DI INDONESIA (PMIPTI) DI GOWOK DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM ORGANISASI PERSATUAN MAHASISWA ISLAM PATANI SELATAN THAILAND DI INDONESIA (PMIPTI) DI GOWOK DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12490065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM ORGANISASI PERSATUAN MAHASISWA ISLAM PATANI SELATAN THAILAND DI INDONESIA (PMIPTI) DI GOWOK DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12490065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mr. Abdulfatah Waesalae, Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Persatuan Mahasiswa Islam Patani Selatan Thailand di Indonesia (PMIPTI) di Gowok Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan penulis yang telah lama berkecimpung di dalam organisasi PMIPTI, dari anggota kemudian menjadi pengurus tetap. Fakta di lapangan membuktikan bahwa organisasi Persatuan Mahasiswa Islam Patani Selatan Thailand di Indonesia (PMIPTI) menuntut adanya pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan, pelatihan, pengkaderan, dan kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan sumber daya manusia dalam sebuah organisasi yang meliputi tujuan, analisis lingkungan, analisis SWOT, penempatan, implementasi, dan evaluasi kinerja organisasi dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkarakter dan berjiwa pemimpin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (kualitatif) dengan latar di organisasi Persatuan Mahasiswa Islam Patani Selatan Thailand di Indonesia (PMIPTI) di Gowok Sleman Yogyakarta. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi dengan penulis ikut berperan serta (Participant Observation), wawancara mendalam (indept interview) dan dokumentasi sebagai bukti penelitian. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Teknik penentuan validitas dan keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta berdasarkan pada teori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tujuan, difungsikan sebagai salah satu haluan bagaimana seharusnya anggota bergerak. (2) Analisis lingkungan melalui analisis SWOT, dalam analisis lingkungan diusahakan untuk bisa memahami apa saja dinamika lingkungan dalam dan luar organisasi. Oleh karenanya, melalui analisis SWOT organisasi dan anggota bisa mengerti apakah kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan tantangan. Sedangkan yang menjadi kelemahan sekaligus tantangan bagi anggota dan organisasi berkutat pada perbedaan budaya dan bahasa. Utamanya, bahasa Indonesia merupakan faktor yang menghambat perkembangan SDM di PMIPTI. (3) Penempatan dalam memberikan tanggung jawab terhadap anggota untuk mengisi pengurus dan divisi-divisi, PMIPTI sangat menekankan memilih anggota yang memiliki kualifikasi dan kualitas tinggi. (4) Implementasi, dalam mengimplementasikan program kerja, PMIPTI memilih untuk melihat bagaimana organisasi lain menjalankan programnya. Hal ini dimaksudkan juga untuk menjadi sebuah pelajaran bagaimana baik dan buruknya jalannya yang akan ditempuh. (5) Evaluasi, dari serangkaian strategi, evaluasi menjadi alat untuk menilai atau meninjau sejauh mana program berjalan baik. Melakukan pengayaan agar ke depan setiap program dan kegiatan dapat berjalan lancar dan baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia, PMIPTI
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 11:54
Last Modified: 22 Dec 2016 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum