IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP IRSYADUL ‘IBAAD LAMPUNG TIMUR TAHUN AKADEMIK 2015/2016

MUHAMAD RIDWAN, NIM. 12490108 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP IRSYADUL ‘IBAAD LAMPUNG TIMUR TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP IRSYADUL ‘IBAAD LAMPUNG TIMUR TAHUN AKADEMIK 2015/2016)
12490108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROGRAM AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP IRSYADUL ‘IBAAD LAMPUNG TIMUR TAHUN AKADEMIK 2015/2016)
12490108_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMAD RIDWAN. Implementasi Manajemen Program Akselerasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP Irsyadul ‘Ibaad Lampung Timur Tahun Akademik 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah SMP Irsyadul ‘Ibaad merupakan salah satu sekolah yang menerapkan program akselerasi khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Di sana siswa diwajibkan untuk berbahasa Inggris sehingga program akselerasi adalah sebuah solusi untuk siswanya guna dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris, fenomena yang tampak pada saat ini siswa di sekolah tersebut jauh lebih cakap berbahasa Inggris dibandingkan sekolah lain, dari fenomena tersebutlah peneliti akan menggali lebih dalam bagaimana lembaga tersebut menerapkan program untuk pembelajaran bahasa Inggris sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi manajemen program akselerasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP Irsyadul ‘Ibaad Lampung Timur Tahun Akademik 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen program akselerasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris Di SMP Irsyadul ‘Ibaad Lampung Timur Tahun Akademik 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar SMP Irsyadul ‘Ibaad Lampung Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, menganalisa data dan menginterpretasi data yang ada dengan metode induktif, yakni melakukan analisa berdasarkan data yang diperoleh sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan program akselerasi pembelajaran bahasa Inggris di SMP Irsyadul ’Ibaad Lampung timur diaplikasikan dengan cara memampatkan seluruh materi dan melakukan pendalaman pada bagian tertentu untuk melayani rasa ingin tahu siswa tanpa mengurangi pokok bahasan, sehingga waktu untuk menyelesaikan pendidikan bagi anak berbakat ini lebih cepat dibandingkan anak reguler pada umumnya, yakni dua tahun sebagaimana yang diprogramkan, 2) Pihak SMP Irsyadul ‘Ibaad Lampung timur menyelenggarakan program akselerasi pelajaran bahasa Inggris karena ada penekanan setelah pelaksanaan proses pembelajaran Bahasa Inggris, sehingga memberi kesempatan kepada siswa akselerasi untuk mencoba menerapkan materi keilmuan Bahasa Inggris yang telah diajarkan dalam kehidupan sehari-hari, 3) Faktor pendukung : sarana prasarana yang memadai dan berupa dorongan atau motivasi dari orang tua dan guru agar selalu giat dalam belajar. Faktor penghambat : pemetaan standar kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Inggris sudah terpetakan dengan baik akan tetapi belum disesuaikan dengan fakta kebutuhan, SMP Irsyadul ‘Ibaad Lampung Timur belum memiliki tim khusus sebagai pengembang kurikulum bahasa Inggris, dan belum mengembangkan pendidikan kecakapan hidup (life skill) dengan potensi kebahasa Inggrisan secara khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Na‟imah, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Manajemen Program Akselerasi
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 12:10
Last Modified: 22 Dec 2016 12:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum