MANAJEMEN PELAYANAN KOMPUTER JOB ACCESS WITH SPEECH (JAWS) BAGI MAHASISWA TUNA NETRA DI PUSAT LAYANAN DIFABEL (PLD) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

KUZAEMAH, NIM. 12490111 (2016) MANAJEMEN PELAYANAN KOMPUTER JOB ACCESS WITH SPEECH (JAWS) BAGI MAHASISWA TUNA NETRA DI PUSAT LAYANAN DIFABEL (PLD) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN KOMPUTER JOB ACCESS WITH SPEECH (JAWS) BAGI MAHASISWA TUNA NETRA DI PUSAT LAYANAN DIFABEL (PLD) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12490111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN KOMPUTER JOB ACCESS WITH SPEECH (JAWS) BAGI MAHASISWA TUNA NETRA DI PUSAT LAYANAN DIFABEL (PLD) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12490111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)

Abstract

Kuzaemah, Manajemen Pelayanan Komputer Job Acces With Speech (JAWS) bagi Mahasiswa Tuna Netra di Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Yogyakrta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakrta, 2016. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pelaksanaan pelayanan di PLD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilakukan oleh para relawan yang masih berstatus mahasiswa. Para relawan di PLD mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap mahasiswa difabel, meskipun mereka tidak mendapat upah seperti halnya para pekerja lainnya. Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mencoba mengetahui bagaimana manajemen pelayanan komputer JAWS bagi mahasiswa tuna netra di PLD UIN Sunan Kalijaga Yogyakrta. Penelitian ini merpakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Pelayanan komputer JAWS di PLD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mencakup beberapa fungsi manajemen, yang pertama, perencanaan yaitu ketua PLD menentukian jadwal kegiatan. Kedua, pengorganisasian yaitu ketua PLD membagi tugas dari masingmasing jabatan. Ketiga, Pelaksanaan seluruh anggota PLD yang telah diberi tugas oleh pimpinan melaksanakan tugasnya masing-masing. Keempat, pengawasan yaitu seluruh kegiatan di PLD selalu dipantau dan mengadakan rapat rutinan guna mengetahui masalah-masalah yang dihadapi sehingga dapat diselesaikan bersama. Manfaat dari adanya pelayanan komputer JAWS yaitu menambah pengetahuan teknologi bagi mahasiswa tuna netra serta melatih kemandirian mahasiswa tuna netra dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah yang berkatian dengan penegtikan seperti halnya tugas makalah, skripsi dll. Adapun faktor pendukung pelaksanaan pellayanan komputer JAWS yaitu adanya semangat belajar mahasiswa tuna netra serta bantuan dari para relawan PLD. Untuk faktor penghambatnya yaitu jumlah komputer JAWS yang sangat terbatas sehingga mereka harus bergantian dalam menggunakannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edy Yusuf Nur SS, MM,M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Komputer JAWS, Tuna Netra, PLD
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Dec 2016 12:12
Last Modified: 22 Dec 2016 12:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum