IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIS DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Aziz Safarwaddi, NIM: 12240003 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIS DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIS DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12240003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
12240003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Aziz Safarwaddi, 12240003. Implementasi Manajemen Strategis Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Depok Sleman Yogyakarta. Manajemen strategis sebagai sekumpulan keputusan dan tindakan yang menghasilkan perumusan dan pelaksanaan rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran perusahaan. Mutu adalah kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. sedangkan dalam pengambilan sampel menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan penyusun adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Wahid Hasyim telah melakukan pengamatan lingkungan secara eksternal dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu dan teknologi, arus globalisasi serta kebutuhan pasar. Pengamatan lingkungan secara internal mempertimbangkan struktur, memakai budaya kerja berbasis profesional, memaksimalkan sumber daya manusia, dan menambah fasilitas. Perumusan strategi dengan melakukan peningkatan serta pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pembinaan, penyesuaian asrama, dan penyesuaian waktu dengan membagi antara waktu untuk santri mahasiswa dan santri MI, MTs, MA dan SMA, juga dengan penguatan 3 K, yaitu komitmen, komunikasi dan kesempatan. Implementasi strategi diwujudkan dalam empat program unggulan yaitu program penanaman akhlakul karimah, program tahfidzul quran, program pengembangan bahasa asing dan program pendalaman kitab kuning. Sedangkan evaluasi dan pengendalian dilakukan dengan insidental, setiap satu pekan, bulanan, tahunan, dan dua tahun sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad M.Ag.
Uncontrolled Keywords: manajemen, strategis, wahid hasyim, pesantren
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jan 2017 08:56
Last Modified: 05 Jan 2017 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum