STRATEGI KERJASAMA GURU BK DAN WALI KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS KELAS VIII MTS N GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL)

ISNA KHARIMAH ABSAN, NIM. 10470068 (2016) STRATEGI KERJASAMA GURU BK DAN WALI KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS KELAS VIII MTS N GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KERJASAMA GURU BK DAN WALI KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS KELAS VIII MTS N GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL))
10470068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KERJASAMA GURU BK DAN WALI KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS KELAS VIII MTS N GUBUKRUBUH GUNUNGKIDUL))
10470068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prestasi belajar siswa, upaya guru BK dan wali kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat kerjasama guru BK dan wali kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs N Gubukrubuh Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan guna untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, sikap, persepsi, serta pemikiran yang berhubungan dengan strategi kerjasama guru BK dan wali kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, serta menarik simpulan. Hasil penelitian: (1) prestasi belajar siswa menunjukkan hasil positif. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik. (2) Upaya yang dilakukan guru BK dan wali kelas adalah meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan kedisiplinan siswa, dan meningkatkan kompetensi siswa. (3) Faktor pendukung kerjasama guru BK dan wali kelas yaitu adanya komunikasi yang efektif, adanya kerjasama yang baik, adanya ruang pertemuan, dukungan kepala sekolah, profesionalisme guru, serta faktor kepercayaan. Sedangkan faktor penghambatnya adanya siswa yang tidak disiplin, belum ada jadwal khusus untuk evaluasi serta koordinasi guru BK dan wali kelas secara efektif, serta sarana dan prasarana yang kurang representatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Na’imah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Guru BK, Wali Kelas, Prestasi.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 06 Jan 2017 14:11
Last Modified: 06 Jan 2017 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23389

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum