UPAYA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL LANSIA PENGHUNI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA PONGGALAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

M FAISHAL HUSAINI, NIM. 09470169 (2016) UPAYA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL LANSIA PENGHUNI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA PONGGALAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL LANSIA PENGHUNI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA PONGGALAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
09470169_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL LANSIA PENGHUNI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA PONGGALAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
09470169_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persoalan kurang terjalinnya relasi sosial lansia diakibatkan adanya anggapan kurang dihargai dan menuntut cepat untuk dilayani. Hal ini sering menjadi kendala dalam meningkatkan hubungan sosial lansia. Penelitian ini peneliti fokuskan untuk mengetahui bagaimana hubungan sosial lansia serta wujud-wujud peningkatan hubungan tersebut. kemudian peneliti mengkaji relevansi pembentukan hubungan sosial lansia tersebut dengan pendidikan Islam. di Panti Wredha Budhi Dharma Ponggalan Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Populasi penelitian ini adalah pekerja sosial, perawat, dan lansia. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif-analisis. Pemeriksaan terhadap keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) hubungan sosial lansia yang ada di Panti Wredha Budhi Dharma meliputi hubungan antara lansia dengan pekerja sosial, hubungan antara lansia dengan perawat, hubungan antara lansia dengan keluarga. 2) Jenis kegiatan hubungan sosial lansia diantaranya kegiatan pengajian dan pembinaan spiritual, kegiatan kesehatan, kegiatan ketrampilan, kegiatan senam. 3) Analisis peningkatan hubungan sosial penghuni Panti Wredha Budhi Dharma yaitu peranan panti peran pekerja sosial dalam meningkatkan hubungan sosial lansia yaitu memberi pelatihan ketrampilan, pendampingan, pemberian motivasi, dan kerjasama dengan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Na’imah, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: hubungan sosial, lansia, panti wredha, pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Jan 2017 09:23
Last Modified: 09 Jan 2017 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23409

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum