PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOTIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS BNI SYARIAH YOGYAKARTA)

Nurullitasari Mulyani, NIM. 12820010 (2016) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOTIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS BNI SYARIAH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOTIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS BNI SYARIAH YOGYAKARTA))
12820010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOTIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS BNI SYARIAH YOGYAKARTA))
12820010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

BNI Syariah merupakan Bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip Syariah Islam, yang memiliki semboyan memberikan yang terbaik sesuai kaidah. Namun kenyataannya masih ada saja kasus yang terjadi di BNI Syariah salah satunya kasus ratna yang tersandung Perkara Jaminan Emas Palsu di Bank BNI Syariah Senilai Rp 9,5 Miliar. Hal ini menarik peneliti untuk mengkaji apakah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual bila di moderasi dengan memiliki perilaku religiusitas memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan. Teknik pengambilan sampel berupa random sampling, dengan analisis regresi berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Dari hasil uji F variabel independen dan moderasi yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual dan religiusitas secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan BNI Syariah Yogyakarta. Hal ini ditunjukan dari uji ANOVA atau F test. Dari hasil analisis uji F di dapat F hitung sebesar 234,937 > 2,38 tabel sebesar dan tingkat probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05 dan F hitung lebih besar dari F tabel maka, model regresi dapat dipergunakan untuk memprediksi independen dan moderasi yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual dan religiusitas secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Dalam penelitian ini hasil analisis regresi linear berganda yang terdapat dalam tabel diketahui bahwa koefisien determinasi yang di notasikan R Square adalah 0,922 atau 92,2%. Hal ini berarti sebesar 92,2% kemampuan dari hasil regresi penelitian ini menerangkan variabel dependen. Artinya 92,2% variabel kinerja karyawan bisa dijelaskan oleh variabel independen. Sedangkan sisanya 7,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak digunakan dalam analisis penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (3) kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (4) Sedangkan pengaruh religiusitas (variabel moderasi), terhadap hubungan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual dengan kinerja karyawan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan. Kata kunci: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Religiusitas dan Kinerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag., M.Hum., M.A.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Religiusitas dan Kinerja.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Jan 2017 15:06
Last Modified: 09 Jan 2017 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23423

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum