STUDI KOMPARATIF PENGARUH KEMAMPUAN KALᾹM MAHASISWA BERKEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT TERHADAP KEMAMPUAN KITᾹBAH MAHASISWA DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA SEMESTER 3

Maria Ulfa, NIM : 1420410190 (2016) STUDI KOMPARATIF PENGARUH KEMAMPUAN KALᾹM MAHASISWA BERKEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT TERHADAP KEMAMPUAN KITᾹBAH MAHASISWA DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA SEMESTER 3. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARATIF PENGARUH KEMAMPUAN KALᾹM MAHASISWA BERKEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT TERHADAP KEMAMPUAN KITᾹBAH MAHASISWA DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA SEMESTER 3)
1420410190_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARATIF PENGARUH KEMAMPUAN KALᾹM MAHASISWA BERKEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT TERHADAP KEMAMPUAN KITᾹBAH MAHASISWA DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA SEMESTER 3)
1420410190_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Maria Ulfa, 2016. Studi Komparatif Pengaruh Kemampuan Kalām Mahasiswa Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert terhadap Kemampuan Kitābah Mahasiswa di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Semester 3. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M. Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan Pengaruh Kemampuan Kalām antara Mahasiswa Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert terhadap Kemampuan Kitābah Mahasiswa di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Semester 3 tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian analisis korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Ma’had Ali bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 60 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah teknik sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Hal tersebut dilakukan dengan berbagai pertimbangan diantaranya dari jumlah mahasiswa yang sedikit, dan kemampuan peneliti yaitu dilihat dari segi tujuan, tenaga dan waktu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, kuesioner/ angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22,00. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh/hubungan antara X1 (kemampuan kalām mahasiswa yang berkepribadian ekstrovert) dan X2 (kemampuan kalām mahasiswa berkepribadian introvert) terhadap Y (kemampuan kitābah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh/hubungan kemampuan kalām terhadap kemampuan kitābah antara mahasiswa berkepribadian ekstrovert dan introvert, antara keduanya sama-sama mempunyai hubungan yang signifikan. Perbedaan hanya terletak pada besaran angka korelasinya saja. Untuk mahasiswa berkepribadian ekstrovert menunjukkan angka korelasi antara kemampuan kalām dan kemampuan kitābah sebesar 0,921(92.1%) Sedangkan untuk untuk mahasiswa berkepribadian introvert menunjukkan angka korelasi antara kemampuan kalām dan kitābah sebesar 0,599(5.99%). Kata Kunci : ekstrovert, introvert, kalām dan kitābah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: ekstrovert, introvert, kalām dan kitābah.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jan 2017 14:10
Last Modified: 17 Jan 2017 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23530

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum