RASIONALITAS AGAMA MAHASISWA MUSLIM PENGUSAHA KARTU PAKET DATA INTERNET (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Pasca Sarjana UII Yogyakarta ) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Sosial (S.Sos) Oleh: AHMAD DINI NURWANDA NIM : 11540030 JURUSAN SOSIOLOGI AGAMA FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2016

AHMAD DINI NURWANDA, NIM : 11540030 (2016) RASIONALITAS AGAMA MAHASISWA MUSLIM PENGUSAHA KARTU PAKET DATA INTERNET (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Pasca Sarjana UII Yogyakarta ) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Sosial (S.Sos) Oleh: AHMAD DINI NURWANDA NIM : 11540030 JURUSAN SOSIOLOGI AGAMA FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RASIONALITAS AGAMA MAHASISWA MUSLIM PENGUSAHA KARTU PAKET DATA INTERNET (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Pasca Sarjana UII Yogyakarta ) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakar)
11540030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (RASIONALITAS AGAMA MAHASISWA MUSLIM PENGUSAHA KARTU PAKET DATA INTERNET (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Pasca Sarjana UII Yogyakarta ) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakar)
11540030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (806kB)

Abstract

Arus moderenisasi memberiakan dampak yang sangat besar bagi kalangan pengguna teknologi canggih pada saat ini, terutama di kalangan pemuda dan mahasiswa yang mampu memanfaatkan momen dari kecanggihan teknologi pada saat ini. Mahasiswa yang memiliki ide kreatif tentunya dapat memberikan dampak positif di kalangan sekitarnya juga bagi dirinya. menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Pasca Sarjana UII tak menjadikan halangan untuk menjadi seorang pengusaha, bahkan dapat menjadi motivasi bagi dirinya, dengan kecanggihan dari teknologi sekarang dapat mempermudah dan mendorong dalam menjalankan usahanya yaitu, Kartu Paket Data Internet. Berdasarkan kondisi tersebut pnulis merumuskan dua pokok permasalah yaitu: 1. Bagaimana rasionalitas nilai mahasiswa muslim pengusaha kartu paket data internet? 2. Bagaimana rasionalitas tujuan mahasiswa pengusaha kartu paket dat internet dalam mengembangkan usahanya? Metodologi yang digunakan oleh penulis dalam penelitian dan pengumpulan data adalah, penelitian pustaka yang menjadikan pokok data primer dan sekunder. Data primer adalah penelitian secara langsung yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kepada para pengusaha kartu paket data internet, yang dilakukan secara berkala karena menyesuaikan waktu dari narasumber dilapangan. Data sekunder adalah pengumpulan data dari buku tentang teori rasionalitas agama Max Weber. dengan demikian data yang di dapatkan di lapangan akan dianalisis dengan teori rasionalitas nilan dan rasionalitas tujuan. Dengan demikian penelitian ini menemukan bahwasannya, mahasiswa yang hakikatnya menjadi seorang pelajar dan bertanggung jawab dengan setudinya mampu memiliki kretifitas yang dapat menimbulkan dampak positif, dengan berbekal ilmu yang diperoleh dari perkuliah dan pemblajaran agama yang diketahui. Menjadi landasan dalam dunia usaha, karena dengan usaha dapat memberikan motivasi dalam merai cita-cita dan masadepan yang lebih baik, nilai agama yang tetap di pegang teguh dalam usaha memberikan cara tersendiri dalam menjalankan dan mengembangkan usaha yang dijalankannya. Dengan tujuan agar mendapatkan berkah dan manfaat bagi dirinya dan sesama. rasionalitas nilai yang dimiliki oleh mahasiswa UII sebagai pengusaha kartu data internet tersebut, mereka memiliki rasionalitas tujuan, atau tindakan. Dengan kata lain sebagai pengharapan-pengharapan yang di gunakan untuk pencapaian tujuan-tujuan sang aktor yang dikejar dan diperhitungkan secara rasional. Sehingga apa yang dapat diciptakan oleh para pengusaha Muslim kartu data internet secara rasionalitasnya dapat terarah dengan mendasarkan pada nilai dan tujuannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Roro Siti Kurnia
Uncontrolled Keywords: RASIONALITAS AGAMA,PENGUSAHA, MAHASISWA PENGUSAHA
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 15:30
Last Modified: 19 Jan 2017 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum