PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ADOBE FLASH CS3 MATERI POKOK KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MENGUBAH PERMUKAAN BUMI UNTUK MI/SD

Meilina Arofah, NIM: 11480031 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ADOBE FLASH CS3 MATERI POKOK KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MENGUBAH PERMUKAAN BUMI UNTUK MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ADOBE FLASH CS3 MATERI POKOK KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MENGUBAH PERMUKAAN BUMI UNTUK MI/SD)
11480031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ADOBE FLASH CS3 MATERI POKOK KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MENGUBAH PERMUKAAN BUMI UNTUK MI/SD)
11480031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Meilina Arofah. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Adobe Flash CS3 Materi Pokok Kegiatan Manusia yang Dapat Mengubah Permukaan Bumi Untuk MI/SD”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2016. Tujuan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS3 untuk MI/SD serta mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli IT. Dan dinilai oleh peer reviewer, guru IPA MI/SD, serta direspon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (Pendefinisian), tahap Design (Perancangan), tahap Develop (Pengembangan), dan terakhir tahap Disseminate (Penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket yang memiliki skala pengukuran yakni skala likert yang mencakup komponen penilaian yaitu komponen penyajian materi IPA, kurikulum, evaluasi belajar, keterlaksanaan, kebahasaan, kejelasan kalimat, penampilan video, dan kualitas tampilan. Uji coba lapangan yang dilakukan di MI Wahid Hasyim merupakan uji validasi dimana guru mengimplementasikan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS3 kepada peserta didik untuk mengetahui keterlaksanaan serta respon pada media pembelajaran IPA dengan Adobe Flash CS3 melalui angket dengan skala pengukuran yakni skala Guttman yang dibuat dalam bentuk check list. Data yang didapat merupakan data kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS3 telah berhasil disusun. Media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS3 mendapat penilaian Baik (B) dari ahli materi dengan skor rata-rata 3,8. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 4,7. Berdasarkan penilaian ahli IT adalah Baik (B) dengan skor rata-rata 3,5. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 4,6. Berdasarkan penilaian 3 guru MI/SD adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 4,7, sedangkan respon peserta didik terhadap media pembelajaran IPA dalam uji coba lapangan secara keseluruhan memperoleh kategori penilaian Positif. Persentase respon peserta didik yang merespon positif produk sebesar 100%. Kata Kunci: media pembelajaran IPA, pengembangan, adobe flash CS3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohammad Agung Rokhimawan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran IPA, pengembangan, adobe flash CS3.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 15:37
Last Modified: 19 Jan 2017 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum