PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS REHEARSAL STRATEGY UNTUK PENGENALAN KIMIA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

KUNTI ABQORIA HISAN HIRTSA, NIM. 12670047 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS REHEARSAL STRATEGY UNTUK PENGENALAN KIMIA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS REHEARSAL STRATEGY UNTUK PENGENALAN KIMIA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR)
12670047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS REHEARSAL STRATEGY UNTUK PENGENALAN KIMIA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR)
12670047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ilmu Kimia sering dihubungkan dengan hal-hal berbahaya, merusak, dan beracun. Anggapan negatif masyarakat tentang Ilmu Kimia menyebabkan anakanak dihindarkan dari mengenal kimia sejak dini. Kimia merupakan komponen utama alam yang berperan penting bagi kehidupan. Oleh karena itu, penting untuk mengenalkan kimia sejak dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk berupa buku pengayaan berbasis rehearsal strategy untuk mengenalkan kimia pada anak usia sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas produk buku pengayaan pengenalan kimia berbasis rehearsal strategy berdasarkan penilaian pendidik IPA SD/MI dan pendidik kimia MA/SMK serta respon peserta didik usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Pengembangan buku pengayaan pengenalan kimia berbasis rehearsal strategy dibimbing oleh dosen pembimbing; mendapatkan masukan dari tiga peer reviewers, ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa; masukan dan penilaian dari tiga pendidik IPA SD/MI dan dua pendidik kimia MA/SMK; serta respon dari peserta didik. Penilaian produk meliputi 4 aspek penilaian dengan 16 kriteria menggunakan instrumen lembar skala 5. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku. Buku pengayaan pengenalan kimia berbasis rehearsal strategy yang dikembangkan berjudul “WOW Kimia di Sekitarku: Seri Makanan dan Minuman” dengan karakteristik produk yaitu isi buku terdiri dari tiga bagian yang masingmasing membahas tentang kimia di lingkungan anak-anak, kimia di makanan dan minuman, serta percobaan kimia sederhana yang dapat dilakukan anak di rumah. Penulisan isi buku menggunakan metode rehearsal strategy yaitu dilengkapi penekanan pada kata kunci dan konsep penting penebalan huruf, pemberian warna, dan pemberian catatan pinggir. Kualitas produk pengembangan buku pengayaan pengenalan kimia berbasis rehearsal strategy berdasarkan penilaian pendidik IPA SD/MI menunjukkan kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 86.23%. Berdasarkan penilaian pendidik kimia MA/SMK, buku yang dikembangkan menunjukkan kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 81.25%. Hasil respon peserta didik terhadap buku pengayaan yang dikembangkan menunjukkan kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 88.33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku pengayaan, pengenalan Kimia, rehearsal strategy, makanan dan minuman
Subjects: Kimia
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Jan 2017 10:22
Last Modified: 31 Jan 2017 17:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23778

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum