PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TARIKH ISLAM UNTUK SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

Yumidiana Tya Nugraheni, NIM. 1420411053 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TARIKH ISLAM UNTUK SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TARIKH ISLAM UNTUK SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
1420411053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TARIKH ISLAM UNTUK SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
1420411053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya bahan ajar tarikh Islam yang sesuai dengan prinsip bahan ajar dan kurikulum Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Kondisi tersebut mendorong penulis untuk meneliti, mengembangkan dan menguji kelayakan bahan ajar tarikh Islam untuk siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengembangkan serta menguji kelayakan bahan ajar tarikh Islam yang digunakan untuk siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini mengambil jenis penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Langkah dan prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) penemuan potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produksi masal. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah guru Tarikh Islam kelas VIII dan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Bahan ajar tarikh Islam yang digunakan untuk siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School berupa buku teks yang berjudul “Khulashoh Nur al-Yaqin (fi siroh Rasulillah Shallallah „alaih wa Sallam) li Talamidz al-Madrasah al-Ibtidaiyah bi Indunisiya” 2) Penelitian ini menghasilkan produk berupa Bahan ajar tarikh Islam untuk siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School yang telah dikembangkan berjudul “at-tarikh al-Islami (fi Sirah Rasulillah Shallallah „alaihi wa Sallam)”. 3) Setelah dilakukan uji validasi dari ahli, diketahui rerata total untuk aspek tampilan adalah 3,8 dan untuk aspek penyajian adalah 3,8 dengan kategori “baik”, untuk aspek pembelajaran adalah 4,6 dan untuk aspek isi/ materi adalah 4,7 dengan kategori “sangat baik”, untuk aspek bahasa adalah 4 dengan kategori “baik”. Dari hasil respon guru dan siswa pada uji coba pertama, diketahui bahwa rerata skor dari aspek desain adalah 4 dengan kategori “baik”, dan untuk aspek isi materi 3,9 dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil respon guru dan siswa pada uji coba kedua, diketahui bahwa rerata skor dari aspek desain adalah 4,4 dengan kategori “sangat baik”, dan rerata skor untuk aspek isi materi 4,3 dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran tarikh Islam. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Tarikh Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Tarikh Islam.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Feb 2017 09:48
Last Modified: 02 Feb 2017 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23820

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum