AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH THAMAN AL SA'ADAH LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LISIGMUND FREUD)

ZAENAL ABIDIN, NIM. 11110123 (2016) AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH THAMAN AL SA'ADAH LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LISIGMUND FREUD). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH THAMAN AL SA'ADAH LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LISIGMUND FREUD))
11110123_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH THAMAN AL SA'ADAH LI NAJIB MAHFUZ (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LISIGMUND FREUD))
11110123_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Al-Syakhshiyyah al-Raisiyyah Fi Al Qissat Al Qasirah Tsamanus-Sa’adah Li Najib Mahfudz (Dirasah Tahliliyyah Nafsiyyah Li Sigmund Freud)”. Cerpen ini bercerita tentang kepribadian seorang tokoh utama yaitu Anis yang mengalami konflik dalam dirinya, penyebab konflik ini adalah rasa cintanya kepada Tizah yang sudah bersuami. Keadaan ini yang membuat gejolak dalam diri Anis yang berujung adanya konflik batin dalam dirinya. Peneliti tertarik untuk mengkaji cerpen karya Najib Mahfudz ini karena tokoh Anis adalah seorang guru yang mengalami konflik batin dalam dirinya. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pembahasan pada kepribadiaan Anis. Peneliti menggunakan psikoanalisis untuk memahami aspek-aspek kejiwaan yang terkandung dalam diri Anis. Untuk memahami secara mendetail kepribadiaan tokoh Anis dalam cerpen tersebut, maka peneliti menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Sigmund Freud membagi struktur kepribadian dalam tiga unsure yaitu id, ego, superego. Freud mengibaratkan id sebagai raja, ego sebagai perdana menteri, superego sebagai pendeta tertinggi. Hasil dari penelitian menemukan, bahwa tokoh utama Anis menghadapi gejolak jiwa yang kompleks. Persoalan mendasarnya ketika ia jatuh cinta kepada Tizah yang sudah bersuami. Posisi Id Anis mendorong dirinya untuk melakukan hal-hal negatif atau mengikuti hawa nafsunya, tetapi ia memiliki pertimbangan akan nilai, norma seorang guru. Inilah pergolakan antara nafsu dan pertimbangan dalam dirinya. Ego yang tergambar dalam diri Anis yaitu ketika Anis memilih untuk mengundurkan diri sebagai guru privat di rumah ridwan Bik. pada akhirnya (superego) Anis mampu mencegah gejolak id pada dirinya dengan mempertimbangkan secara mendalam dan akhirnya ia memutuskan untuk meninggalkan rumah Ridwan (Suami Tizah) agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Maka keseluruhan cerita ini mencerminkan bahwa Anis memiliki keseimbangan antara id, ego, dan super ego. Solusi yang diambil Anis untuk menyikapi tekanan batinnya adalah pertama, Displacement (Pengalihan) yang berupa reaksi menolak ajakan Ridwan untuk kembali kerumahya untuk mengajar Tutu, dengan alasan ia akan menghadapi ujian. Kedua, Represi. Represi dalam cerpen ini adalah ketika Anis sadar bahwa apa yang dia lakukan sudah menyimpang jauh dari nilai norma agama, karena dia sudah menjalin hubungan terlarang dengan wanita yang sudah bersuami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: YULIA NASRUL LATIFI, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: cerpen, Anis
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Feb 2017 09:52
Last Modified: 13 Feb 2017 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23980

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum