SHAKHSIYYAH KALKRATIS FI AL QISSAH AL QASIRAH AL FAILASUF AL HAIR LI TAHA HUSEIN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD)

SUHAD TRIMA, NIM. 12110095 (2016) SHAKHSIYYAH KALKRATIS FI AL QISSAH AL QASIRAH AL FAILASUF AL HAIR LI TAHA HUSEIN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SHAKHSIYYAH KALKRATIS FI AL QISSAH AL QASIRAH AL FAILASUF AL HAIR LI TAHA HUSEIN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD))
12110095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SHAKHSIYYAH KALKRATIS FI AL QISSAH AL QASIRAH AL FAILASUF AL HAIR LI TAHA HUSEIN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD))
12110095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul syakhshiyatu Kalkratis fi al-Qishah al-Qashirah “al- Failusuf al-Haair” li Thaha Husein (Dirasah Tahliliyah Nafsiyah li Sigmund Freud). Cerpen ini bercerita tentang konflik kejiwaan yang dialami oleh filsuf muda dari Romawi yang bernama Kalkratis. Pada saat itu Kaisar yang memerintah Romawi seorang yang diktator, dan salah satu aturannya adalah memaksa semua rakyatnya untuk memeluk agama al-Masih, namun Kalkratis menolak. Dalam penelitian ini, peneliti hanya membahas tokoh utama yang ada dalam cerpen tersebut. Peneliti menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud untuk memahami konflik pada diri tokoh secara mendetail. Melalui teori ini, peneliti dapat mengungkapkan struktur kepribadian tokoh utama dan faktor apa saja yang mempengaruhi kepribadiannya. Dalam bidang psikoanalisis dijelaskan bahwa pertemuan antara manusia yang satu dengan yang lain tidak jarang menimbulkan konflik. Maka dari itu, peneliti membahas tokoh utama yang ada pada cerpen tersebut. Karena banyak mengalami konflik di saat bertemu dengan kedua sahabatnya yaitu Wali Kota dan Androklis, yang membawanya kepada konflik yang lebih besar yaitu melawan kebijakan Kaisar. Tokoh Kalkratis mengalami konflik saat menolak aturan dari Kaisar, dan juga saat dia memutuskan untuk pergi dari Romawi mengikuti Rahib tua. Konflik batin dialami oleh tokoh utama karena adanya ketidakseimbangan antara id, ego, dan superego. Struktur kepribadian yang mendominasi diri Kalkratis yaitu id, namun ego juga dapat memerankan perannya meskipun dengan sedikit tekannan dari super ego. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi Kepribadian Kalkratis terdiri dari dua faktor, yaitu faktor personal dan faktor situasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yulia Nasrul Latifi
Uncontrolled Keywords: SHAKHSIYYAH KALKRATIS
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Feb 2017 14:10
Last Modified: 21 Feb 2017 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24070

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum