PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BURUNG PEMANGSA (RAPTOR) DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

MUHAMMAD LUQMANULHAKIM, NIM. 10680003 (2016) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BURUNG PEMANGSA (RAPTOR) DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BURUNG PEMANGSA (RAPTOR) DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
10680003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (753kB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BURUNG PEMANGSA (RAPTOR) DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
10680003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan Ensiklopedia Raptor di Kebun Binatang Gembira Loka sebagai alternatif sumber belajar biologi, (2) Mengetahui kualitas Ensiklopedia Raptor di Kebun Binatang Gembira Loka untuk siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). dan dibatasi sampai tahap ADD. Kualitas Ensiklopedi Raptor di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 2 guru biologi MA dan 15 siswa kelas X MAN Lab UIN dengan instrumen penelitian berupa angket checklist. Hasil penilaian berupa data kuantitatif (nilai kategori) kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Ensiklopedi Raptor di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian, hasil penilaian ahli materi dengan persentase keidealan 92.8% termasuk kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media dengan persentase keidealan 92% termasuk kategori Sangat Baik (SB), penilaian peer reviewer dengan persentase keidealan 83% termasuk kategori Sangat Baik (SB), penilaian guru biologi dengan persentase keidealan 88,1% termasuk kategori Sangat Baik (SB) dan penilaian siswa dengan persentase keidealan 85,1% termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Dengan demikian, Ensiklopedi Raptor di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta ini dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar, dan kualitasnya telah memenuhi kriteria kualitas ensiklopedi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedi, raptor, kebun binatang Gembira Loka.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:25
Last Modified: 27 Feb 2017 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum