AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH NAKHWAH FI AL RIWAYAH AKHRAJA MINHA YA MAL'UN LI SADAM HUSAYN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI ABRAHAM MASLO)

DAWAMUN NI'AM ALFATAWI, NIM. 10110022 (2016) AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH NAKHWAH FI AL RIWAYAH AKHRAJA MINHA YA MAL'UN LI SADAM HUSAYN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI ABRAHAM MASLO). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH NAKHWAH FI AL RIWAYAH AKHRAJA MINHA YA MAL'UN LI SADAM HUSAYN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI ABRAHAM MASLO))
10110022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH NAKHWAH FI AL RIWAYAH AKHRAJA MINHA YA MAL'UN LI SADAM HUSAYN (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI ABRAHAM MASLO))
10110022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tokoh Nakhwahdalam novel Ukhruuj Minha Ya Mal’unkarya Saddam Hussein adalah seorang perempuan cerdik dan berani. Nakhwah menghadapi berbagai masalah yang terjadi bertubi-tubi. Masalah itu dimulai dari kematian ayahnya,perselingkuhan ibunya dan juga penindasan yang dilakukan orang asing pada sukunya. Nakhwah juga menghadapi rayuan dan godaan harta. Selain itu, Nakhwah mengalami kisah percintaan dengan seorang pemuda yang membantunya untuk membebaskan sukunya dari penindasan. Peneliti disini berusaha mengungkap kebutuhan yang dominan dipenuhi dan proses aktualisasi diri tokoh Nakhwah dengan menggunakan pendekatan psikologi humanistik Abraham Maslow. Dalam Psikologi humanistik ada lima kebutuhan pokok, yaitu: Kebutuhan fisiologis, Kebutuhan akan keselamatan, Kebutuhan akan cinta dan pengakuan, Kebutuhan harga diri dan Kebutuhan aktualisasi diri. Kebutuhan-kebutuhan lebih rendah harus terpenuhi dahulu. Meski tidak dalam kadar memuaskan, minimal kebutuhan-kebutuhan yang berada di level paling rendah tersebut harus dipenuhi untuk mencapai kebutuhan yang lebih tinggi. Dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa kebutuhan dasar yang dominan dipenuhi tokoh Nakhwah yaitu kebutuhan harga diri. Proses yang dilalui dalam aktualisasi diri berupa kemampuan melihat potensi sebagai perempuan dalam mempengaruhi keputusan laki-laki, memandang realitas secara efisien dengan mengambil keputusansecara cepat, memiliki konsep hukum dan keadilan serta kebebasan sehingga melakukan perlawanan dari penindasan, juga kemampuan kepemimpinan. Kata Kunci: Aktualisasi diri, Psikologi humanistik, Kebutuhan dominan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ANING AYU KUSUMAWATI, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi diri, Psikologi humanistik, Kebutuhan dominan
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2017 13:41
Last Modified: 13 Mar 2017 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum