HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEDISIPLINAN TERHADAP TATA TERTIB SISWA KELAS VIII MTS N LAB. UIN YOGYAKARTA

DEWI MARYATUN, NIM. 13220052 (2017) HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEDISIPLINAN TERHADAP TATA TERTIB SISWA KELAS VIII MTS N LAB. UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEDISIPLINAN TERHADAP TATA TERTIB SISWA KELAS VIII MTS N LAB. UIN YOGYAKARTA)
13220052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEDISIPLINAN TERHADAP TATA TERTIB SISWA KELAS VIII MTS N LAB. UIN YOGYAKARTA)
13220052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan dukungan teman sebaya dengan kedisiplinan terhadap tata tertib siswa kelas VIII MTs N Lab. UIN Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas(X) dan satu variabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah dukungan teman sebaya, dan variabel terikatnya adalah kedisiplinan terhadap tata tertib. Variabel dukungan teman sebaya didasarkan pada empat aspek menurut Cohen dan Mc Kay;Wills dan variabel kedisiplinan terhadap tata tertib berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Elizabeth B. Hurlock. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana diukur dan diwujudkan dalam bentuk angka dan analisa secara statistik. Metode yang digunakan yaitu skala, wawancara, dan dokumentasi. Metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk memperkuat data. Metode skala digunakan untuk memperoleh data tentang hubungan dukungan teman sebaya dengan kedisiplinan terhadap tata tertib siswa MTs N Lab. UIN Yogyakarta. Skala yang digunakan yaitu skala Likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel penelitian 53 siswa. Hasil analisis dengan menggunakan koefisien korelasi Product Moment yang menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,327 dengan nilai koefisien signifikan sebesar 0,017 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan teman sebaya dengan kedisiplinan terhadap tata tertib siswa Kelas VIII MTs N Lab. UIN Yogyakarta dengan taraf hubungan yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dukungan Teman Sebaya dan Kedisiplinan terhadap Tata Tertib.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Mar 2017 14:06
Last Modified: 14 Mar 2017 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24529

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum