MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG (STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS)

JAMALUDDIN SHIDDIQ, NIM. 1420411139 (2017) MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG (STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG (STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS))
1420411139_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN WALISONGO SEMARANG (STUDI DESKRIPTIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SESUAI TEORI RICHARD ARENDS))
1420411139_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Jamaluddin Shiddiq, Model Pembelajaran Bahasa Arab di Ma‟had al-Jami‟ah Walisongo Semarang, Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Ma‟had al-Jami‟ah Walisongo Semarang adalah salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan dengan konsep integrasi kampus-pesantren. Banyak keunikan dan kekhasan yang menurut penulis menjadi alasan untuk diteliti, diantaranya letak strategis ma‟had di lingkungan kampus, tenaga pengajar yang mayoritas alumnus luar negeri, metode yang dipakai variatif, program ma‟had yang khas, keberadaan ma‟had yang mampu membekali kompetensi bahasa para santriwati dan kontribusi ma‟had yang tidak kecil bagi tercapainya prestasi baik di tingkat lokal maupun regional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran dalam lembaga tersebut yang meliputi empat aspek, yaitu: 1) basis teori pembelajaran, 2) tujuan instruksional, 3) sintaks pembelajaran, dan 4) pengelolaan lingkungan belajar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) basis teori pembelajaran di ma‟had terdiri dari: teori behavioral, teori belajar sosial, konsep structure of knowledge, psikologi tentang meaningful verbal learning, ide cognitive pshycology, teori experiential learning, dan teori pemrosesan informasi. 2) tujuan instruksional pembelajaran bahasa di ma‟had, adalah pembelajaran dirancang untuk mendapatkan pengetahuan faktual, pengetahuan deklaratif, dan agar siswa mempunyai perilaku kooperatif dan sosial, dan penerimaan antarkelompok; 3) sintaks pembelajaran bahasa Arab di ma‟had, dibedakan menurut jenis model pembelajarannya, yaitu: a) model pembelajaran langsung, terdiri dari lima tahap aktivitas, yaitu: orientasi, presentasi, praktik yang terstruktur, praktik di bawah bimbingan, dan praktik mandiri, b) model pembekalajaran presentasi, terdiri dari tiga tahap, yaitu: presentasi advance organizer, presentasi tugas pembelajaran, atau materi pembelajaran dan penguatan pengolahan kognitif; c) model pembelajaran koooperatif, terdiri dari: mempresentasikan tujuan dan establishing set, mempresentasikan informasi, mengorganisasikan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam tim-tim belajar, membantu kerja tim dan pembelajaran, menguji materi belajar dan memberikan pengujian; 4) pengelolaan lingkungan belajar, dibedakan menurut model pembelajarannya, yaitu: a) dalam model pembelajaran langsung, pengajar menstrukturasikan lingkungan belajarnya dengan sangat ketat mempertahankan fokus akademis dan berharap pelajar menjadi pengamat, pendengar dan partisipan yang tekun; b) dalam model pembelajaran presentasi, pengajar membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, dan dalam tiap kelompok ada 2 peran, presentator dan pendengar yang masing-masing punya fungsi dan tugas tertentu; dan c) dalam model pembelajaran kooperatif, lingkungan dikelola berdasarkan struktur tugas dan struktur reward yang bersifat kooperatif bukan kompetitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: model, pembelajarn, bahasa Arab, ma’had.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:39
Last Modified: 23 Mar 2017 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum