ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA PENYELESAIAN SOAL HOT UJIAN NASIONAL KIMIA TAHUN AJARAN 2013/2014 RAYON SMA

ARUM PANGESTI, NIM. 11670003 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA PENYELESAIAN SOAL HOT UJIAN NASIONAL KIMIA TAHUN AJARAN 2013/2014 RAYON SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA PENYELESAIAN SOAL HOT UJIAN NASIONAL KIMIA TAHUN AJARAN 2013/2014 RAYON SMA)
11670003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA PENYELESAIAN SOAL HOT UJIAN NASIONAL KIMIA TAHUN AJARAN 2013/2014 RAYON SMA)
11670003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik (menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi) pada penyelesaian soal HOT UN kimia tahun pelajaran 2013/2014. Kemampuan berpikir tingkat tinggi itu sesuai dengan taksonomi revisi Bloom untuk C4 sampai dengan C6. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan instrumen soal HOT yang terdapat pada soal UN kimia untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Objek dalam penelitian ini adalah hasil pekerjaan peserta didik dan soal ujian nasional kimia tahun pelajaran 2013/2014. Analisis data dalam penelitian ini pengubahan data kuantitatif yang dijabarkan secara kualitatif dalam bentuk uraian singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sembilan soal HOT yang terbagi atas lima soal menganalisis, tiga soal mengevaluasi, serta satu soal mengkreasi. Dari sembilan soal yang berada pada level HOT, terdapat 30,53% yang mampu mengerjakan soal analisis; 3,16% mampu mengerjakan soal evaluasi; serta 9,47% mampu mengerjakan soal kreasi. Kemudian, diperoleh persentase kemampuan peserta didik dalam menganalisis soal HOT untuk indikator differentiating 22,81%; organizing 21,64% serta attributing 14,62%. Untuk kemampuan mengevaluasi, diperoleh persentase indikator checking 18,29% dan qritiquing 8,77%; sedangkan untuk kemampuan mengkreasi peserta didik ialah 0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asih Widi Wisudawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:52
Last Modified: 23 Mar 2017 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum