PENANAMAN NILAI–NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER HADROH DI MI MA’RIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL

AFIF ZAHIDI, NIM. 12480069 (2017) PENANAMAN NILAI–NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER HADROH DI MI MA’RIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI–NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER HADROH DI MI MA’RIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL)
12480069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI–NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER HADROH DI MI MA’RIF GIRILOYO 1 IMOGIRI BANTUL)
12480069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

AFIF ZAHIDI. Penanaman Nilai-nilai Karakter Melalui Ekstrakurikuler Hadroh di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Sunan Kalijaga, 2017. Pada kesenian hadroh banyak terkandung beberapa nilai yang terkait dengan aspek-aspek pendidikan seperti ketuhanan (tauhid), ibadah, dan budi pekerti (karakter). Nilai-nilai karakter di sekolah dapat ditanamkan dengan cara diintegrasikan pada mata pelajaran, dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul, ekstrakurikuler hadroh merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dijadikan sebagai salah satu wadah dalam upaya madrasah menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik. Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler hadroh di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul, (2) nilai-nilai karakter apa saja yang dapat dibentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler hadroh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field reserch) dengan mengambil tempat penelitian di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul. Subjek penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler hadroh dan siswa-siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler hadroh. Untuk informan pendukungnya adalah Kepala Madrasah dan Guru Wali Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi yaitu teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun trianggulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrakurikuler hadroh di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul diikuti oleh 12 siswa putra kelas IV dan V dimana runtutan acara pada setiap latihan adalah pembukaan, pemberian materi vokal dan dan materi tabuhan, pembacaan sholawat (penggarapan lagu), dan penutup. Pada materi vokal siswa diajarkan untuk mampu menguasai tiga lagu sholawat yaitu Mahallul Qiyam, Allahummasali ‘ala Muhammad, dan Ya Hanana. Sedangkan pada materi tabuhan siswa diajarkan tiga tabuhan dasar hadroh yaitu tikah, grinci, dan dolong. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam ekstrakurikuler hadroh adalah religius, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air (nasionalisme), menghargai prestasi, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sedya Santosa. SS. M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Hadroh, Nilai-nilai Karakter, Penanaman
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Mar 2017 09:14
Last Modified: 29 Mar 2017 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24793

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum