PERAN ADIWIYATA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DAN IX SMPN 1 BANGUNTAPAN

ZUCHRON, NIM. 12490013 (2016) PERAN ADIWIYATA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DAN IX SMPN 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN ADIWIYATA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DAN IX SMPN 1 BANGUNTAPAN)
12490013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN ADIWIYATA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DAN IX SMPN 1 BANGUNTAPAN)
12490013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti mengetahui peran Program Adiwiyata Dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan khususnya peserta didik SMP I Banguntapan. Karena melihat realita yang ada tentang keadaan lingkungan yang semakin lama semakin menurun kualitasnya sedangkan kelestarian lingkungan tergantung kepada pemahaman tentang kepedulian terhadap lingkungamn itu sendiri. Program Adiwiyata mempunyai peran yang sangat penting dalam mengupayakan peningkatan kepedulian generasi akan kelestarian lingkungan atau bisa dikatakan kelestarian Alam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMPN 1 Banguntapan Bantul. Subjek penelitian ini adalah 7 orang informan yang berada lokasi penelitian. Objek penelitian dilakukan di SMPN 1 Banguntapan Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi berperan serta (participant observation), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara menyajikan data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta disandarkan pada teori. Hasil penelitian ini bahwa Program Adiwiyata merupakan program pendidikan yang berusaha menciptakan lingkungan sekolah berwawasan lingkungan. Sebagian besar warga sekolah SMP N 1 Bangutapan Bantul sudah memahami tentang Program Adiwiyata. Sedangkan perumusan Program Adiwiyata pada bidang kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan partisipatif, dan sarana-prasarana. Peran Program Adiwiyata dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan Peseta Didik SMP N 1 Bangutapan Bantul pertama, melalui bidang kebijakan sekolah yaitu dengan merubah visi misi yang mendukung pengelolaan lingkungan dan adanya alokasi dana untuk Program Adiwiyata. Kedua, melalui bidang kurikulum berwawasan lingkungan dilaksanakan dengan mengintegrasikan materi wawasan lingkungan ke dalam mata pelajaran dan mengembangkanya dengan mengangkat isu lokal dan global lingkungan. Ketiga, dilaksanakan melalui berbagai aksi lingkungan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah seperti piket kelas dan kerja bakti rutin. Keempat, melalui sarana prasarana berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan Taman dan media Komposter atau media pengolah sampah organic.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Warga Sekolah, Perencanaan Program Adiwiyata, Peran Program Adiwiyata menumbukan sikap peduli dan berbudaya lingkungan.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Apr 2017 07:46
Last Modified: 10 Apr 2017 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum