UPAYA KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN PONDOK GEBANGSARI KEBUMEN JAWA TENGAH (STUDI KASUS PASCA SERTIFIKASI GURU)

DWI RIZKI AFIFAH, NIM. 12490020 (2017) UPAYA KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN PONDOK GEBANGSARI KEBUMEN JAWA TENGAH (STUDI KASUS PASCA SERTIFIKASI GURU). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN PONDOK GEBANGSARI KEBUMEN JAWA TENGAH (STUDI KASUS PASCA SERTIFIKASI GURU))
12490020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (UPAYA KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN PONDOK GEBANGSARI KEBUMEN JAWA TENGAH (STUDI KASUS PASCA SERTIFIKASI GURU))
12490020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal daribanyak penelitian sebelumnya yang mengamati profesionalisme guru pasca sertifikasi guru cenderung belum meningkat. Peneliti tertarik untuk meneliti madrasah ini karena guru di madrasah sudah sertifikasi dan Kepala Madrasah ingin meningkatkan kinerja guru agar bisa bersaing dengan madrasah lain. Oleh karena itu, penelitiingin mengetahui lebih mendalam upaya yang dilakukan Kepala Madrasah untuk meningkatkan kinerja guru khususnya pasca sertifikasi guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Pondok Gebangsari Kebumen Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MI Nurul Yaqin Pondok Gebangsari Kebumen Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan atau validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data, dianalisis dan diuji kebenarannya. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan sampai pada tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya Kepala Madrasah untuk meningkatkan kinerja guru pasca sertifikasi guru di MI Nurul Yaqin Pondok Gebangsari Kebumen Jawa Tengah yaitu melalui kompetensi kepribadian yaitu menanamkan akhlak mulia dan kedisplinan; kompetensi sosial yaitu mengadakan kerja bakti dengan siswa, pertemuan guru, pertemuan berkala dengan wali murid, ikutserta kegiatan masyarakat; kompetensi pedagogik yaitu kunjungan kelas, menyusun program rencana pembelajaran, KKG, bedah SKL, pembuatansoal UAS dan UKK dan pemahaman terhadap karakteristik siswa; dan kompetensi profesional yaitu menguasai materi pembelajaran, kemampuan guru memanfaatkan IT dan ikut penataran; 2) Kesulitan yang dihadapi Kepala Madrasah yaitu: a) kepribadian dan dedikasi guru: kurang disiplin terkait dalam kegiatan proses belajar mengajar; b) pengembangan profesi guru: masih terdapat guru yang belum mahir memanfaatkan IT; c) kemampuan mengajar guru: masih kurangnya penanaman karakter guru ke siswa dan kemampuan dasar guru yang masih heterogen;3) Hasil yang dicapai dalam upaya meningkatkan kinerja guru pasca sertifikasi yaitu: Ini menunjukkan bahwa kinerja guru pasca sertifikasi dibawah pengawasan bimbingan dan arahan dari Kepala Madrasah telah mencapai kinerja yang baik terlebih pasca sertifikasi guru, hal ini dapat dilihat dari keberhasilan kegiatan yang telah dilaksanakan meskipun ada upaya atau kegiatan yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nur Rohmah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Sertifikasi Guru
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Apr 2017 07:47
Last Modified: 10 Apr 2017 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24987

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum