OPTIMALISASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL

ANDRI KURNIADI, NIM. 12490022 (2017) OPTIMALISASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL)
12490022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL)
12490022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap Sistem Informasi Manajemen (SIM) di lingkungan Kementerian Agama khususnya di seksi Dikmad yang bernama Education Management Information System (EMIS), SIM EMIS masih tergolong baru, karena penerapan aplikasi ini baru dimulai pada tahun 2013 hingga saat ini terusmenerus mengalami perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam peningkatan layanan pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Kementerian Agama Kabupaten Bantul khususnya di Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Subjek penelitian ini adalah Kepala Seksi Dikmad serta beberapa staf pegawai operator EMIS yang berada lokasi penelitian. Objek penelitian dilakukan di Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan wawancara mendalam (in depth interview), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Optimalisasi Pengelolaan SIM meliputi pengumpulan data SIM EMIS dilakukan dengan memaksimalkan kinerja setiap operator madrasah masing-masing, validasi data dilakukan oleh operator SIM EMIS kabupaten untuk kemudian diunggah ke dalam aplikasi online, penyimpanan data EMIS disusun secara rapi berdasarkan folder tiap semester dalam satu tahun, penyajian data dilakukan secara manual dalam bentuk excel diluar aplikasi. (2) Optimalisasi pemanfaatan SIM dilakukan dengan beberapa tahap: (a) identifikasi masalah (b) menentukan alternatif pemecahan masalah (c) implementasi kebijakan (d) evaluasi kebijakan yang telah diterapkan. (3) Optimalisasi penerapan SIM EMIS dalam peningkatan layanan pendidikan telah dilakukan optimal dan sesuai dengan tujuan diterapkannya aplikasi EMIS di Kementerian Agama sebagai pusat data dan informasi pendidikan madrasah yang memadai dalam skala nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen, EMIS, Layanan Pendidikan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Apr 2017 08:06
Last Modified: 10 Apr 2017 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24991

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum