MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

PUJI KUSUMANDARI, NIM. 12490081 (2017) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
12490081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
12490081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bermula dengan adanya Fungsi Pendidikan Nasional yakni mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman serta minimnya nilai-nilai sosial dan nilai kepemimpinan pada para pemimpin negara saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan manajemen kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan dalam rangka membentuk karakter kepemimpinan siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi yang dilakukan setelah data terkumpul dan telah teruji kebenarannya. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) manajemen ekstrakurikuler ekstrakurikuler di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yakni meliputi perencanaan kegiatan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan. 2) faktor pendukung manajemen ekstrakurikuler Hizbul Wathan adalah: adanya dukungan dari sekolah, tersedianya SDM yang berkompeten, sarana dan prasarana yang memadai, pengalokasian waktu, dan siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Faktor penghambat manajemen ekstrakurikuler Hizbul Wathan adalah: siswa, yakni siswa yang jarang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan, adanya acara mendadak serta adanya kegiatan yang bertabrakan dengan kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan. 3) hasil kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah: 1) tumbuhnya sikap tanggung jawab, mandiri dan sifat jujur pada diri siswa, 2) siswa mampu memahami dan mengaplikasikan materi kegiatan dalam kegiatan sehari-hari, dan 3) Meningkatnya minat siswa terhadap kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nur Rohmah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Ekstrakurikuler, Hizbul Wathan, Kepemimpinan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Apr 2017 09:28
Last Modified: 11 Apr 2017 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25003

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum