METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL- MUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB AYYUHA AL-WALAD)

AHMAD ZAMZAM D, NIm. 11470161 (2016) METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL- MUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB AYYUHA AL-WALAD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL- MUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB AYYUHA AL-WALAD))
11470161_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (METODE DAN AKHLAK DALAM BELAJAR (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN SYEIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIMU AL- MUTA’ALLIM TORIQU AL-TA’ALLUM DAN PEMIKIRAN IMAM GHAZALI DALAM KITAB AYYUHA AL-WALAD))
11470161_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan ketercapaian tujuan Pendidikan Nasional yang kurang memuaskan. Sedangkan Sistem Pendidikan Nasional bukanlah suatu sistem yang lemah. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa objek dari sistem tersebutlah yang perlu diperbaiki. Sedangkan dalam hal ini penulis memilih ulama Islam salaf sebagai rujukan dalam mengambil teori mengingat mayoritas peserta didik di Indonesia beragama Islam dan belum mengetahui dan/atau mempraktekkan ajaran ulama Islam tentang metode dan akhlak dalam belajar yang telah selesai ditulis ratusan tahun lalu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode menempuh ilmu serta mengetahui akhlak semasa menempuh ilmu baik dalam pendidikan formal maupun non-formal. Sedangkan objek yang diangkat adalah kitab Ta?limu Al- Muta?allim dan Ayyuha Al-Walad. Kedua kitab tersebut merupakan karya ulama besar pada zamannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik baik untuk mengetahui cara belajar dan berakhlak mulia sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, yakni dengan merekam den menggolongkan data yang sudah tertuang dalam kitab Ta?limu Al- Muta?allim dan Ayyuha Al-Walad. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (Content Analysist). Dengan metode analisis data tersebut, karakteristik dan bentuk dari pemikiran masing-masing tokoh dapat dikumpulkan dan dibandingkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab Ta?limu Al-Muta?allim dan Ayyuha Al-Walad memiliki kelebihan masing-masing baik dari segi topiknya maupun pengambilan dalilnya. Kelebihan kitab Ayyuha Al-Walad meliputi pembahasan tentang mengamalkan ilmu, memohon kebenaran dan petunjuk dari Allah, „Ubudiyah, menghidupi malam, dan ikhlas. Adapun kelebihan dari pemikiran Al-Zarnuji antara lain pembahasan mengenai permulaan belajar, pengaturan, dan urutannya, waktu belajar dan mengambil faedah, keinginan yang besar, mengagungkan ilmu, dan kasih sayang. Selain itu penelitian ini juga menyimpulkan bahwa terdapat pembahasan yang sama dalam kedua kitab tersebut baik dilihat dari topiknya, ide dan gagasannya, serta kecenderungan bidang keilmuan penulisnya. Adapun persamaan tersebut meliputi pembahasan tentang memilih bidang ilmu, memilih guru dan teman, niat, bersungguh-sungguh, memuliakan guru, wara? dan Tawakal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Juwariyah, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar, Akhlak Belajar, Menempuh Ilmu, Komparatif
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Apr 2017 10:57
Last Modified: 11 Apr 2017 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum