PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KOLABORASI DENGAN COURSE REVIEW HOREY (CRH) DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH (STUDI EKSPERIMEN DI MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)

RAHMA PUTRI KHOLIFATUL UMMAH, NIM. 13420030 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KOLABORASI DENGAN COURSE REVIEW HOREY (CRH) DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH (STUDI EKSPERIMEN DI MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KOLABORASI DENGAN COURSE REVIEW HOREY (CRH) DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH (STUDI EKSPERIMEN DI MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA))
13420030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KOLABORASI DENGAN COURSE REVIEW HOREY (CRH) DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH (STUDI EKSPERIMEN DI MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA))
13420030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah kurangnya model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa di MAN Maguwoharjo pada umumnya. Sehingga dibutuhkan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penulis memilih model pembelajaran NHT kolaborasi dengan CRH untuk diterapkan di MAN Maguwoharjo dalam upaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model design eksperimen kuasi (Quasi Experimental). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penarapan model pembelajaran ini serta mengetahu apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model Numbered Head Together kolaborasi dengan Course Review Horey dalam pembelajaran bahasa Arab dan kelas kontrol mengunakan metode klasik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN Maguwoharjo.Kemudian dipilih sampel kelas XI MIA 1 untuk kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 untuk kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah adanya penerapan dua model pembelajaran yang berbeda dalam satu kali pertemuan. Guru menerapkan model Numbered Head Together saat siswa melakukan diskusi materi yang sedang dipelajari. Kemudian guru menerapkan model pembelajaran yang kedua Cours Review Horey saat siswa berdiskusi mengerjakan soal latihan kelompok sebagai penguatan materi dan evaluasi. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa uji T post_tes antara kelompok eksperimen dan kontrol didapatkan nilai (disetujui) atau 2.397 2.00 taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji T nilai pre_tes dan post_tes kelompok eksperimen menunjukkan bahwa bahwa (disetujui). Sehingga diperoleh 0.056 2.00 pada taraf signifikansi 5%. Yang artinya terdapat perningkatan antara hasil belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol melalui metode Numbered Head Together kolaborasi dengan Cours Review Horey pada pembelajaran bahasa Arab (al qira’ah) di kelas XI MAN Maguwoharjo Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abdul Munif M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Model Pembelajaran, Hasil Belajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Apr 2017 10:42
Last Modified: 13 Apr 2017 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum